3 Cara Membersihkan Usus yang Bikin Pencernaan Makin Lancar

 

Usus hendaknya harus dijaga kebersihannya agar pencernaan bisa lancar dan terbebas dari berbagai penyakit. Usus yang sudah terlanjur kotor bisa menyebabkan timbulnya berbagai masalah kesehatan yang akan berdampak buruk pada kesehatan. Supaya usus bisa berfungsi dengan baik, Anda perlu membersihkannya  dengan berkala.

 

Cara membersihkan usus tidak perlu langkah yang rumit. Ada cara mudah tanpa repot yang dapat dilakukan supaya usus kembali bersih. Berbagai sisa-sisa makanan yang menumpuk karena tidak dapat dikeluarkan, dapat diatasi dengan beberapa langkah membersihkan usus berikut, yaitu:

  1. Air

Air merupakan salah satu bahan alami paling mudah yang dapat digunakan untuk membersihkan usus. Konsumsi  air dengan takaran  6 - 8 gelas sehari terutama air hangat. Ini akan membersihkan usus bersih secara alami.

  1. Puasa konsumsi makanan padat

Puasa makanan padat selama sehari penuh juga dapat menjadi langkah sederhana untuk membersihkan usus. Tubuh akan mengalami detoksifikasi khususnya  pada bagian usus besar. Toksin serta kotoran yang menumpuk akan lenyap, sehingga sangat disarankan dilakukan sekali seminggu.

  1. Diet

Diet tinggi serat dapat menjadi langkah menjaga usus tetap bersih. Konsumsi sayur dan buah-buahan yang kaya akan serat seperti kacang-kacangan dan biji-bijian dapat membantu mengatasi sembelit. Cara ini juga dapat meningkatkan bakteri yang berguna sebagai prebiotik untuk melancarkan pencernaan.