4 Manfaat Buah Bengkoang Untuk Kecantikan

Mempunyai kulit yang cantik dan sehat sangat bisa kamu dapatkan dengan menggunakan buah bengkoang. Selain harganya yang murah, bengkoang juga sangat aman digunakan dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir apabila suatu saat penggunaan bengkoang akan menyebabkan masalah di kemudian hari. Penasaran Apa saja manfaat buah bengkoang untuk kecantikan? Tanpa basa-basi langsung saja simak manfaatnya di bawah ini!

  1. Mencerahkan kulit dan wajah

Buah bengkoang dipercaya dapat mencerahkan kulit jika digunakan secara rutin. khasiatnya yang efektif dan mencerahkan membuat ekstrak bengkoang sering digunakan sebagai bahan pembuatan masker krim wajah, face wash dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana cara untuk menggunakan bengkoang sebagai perawatan tubuh? terdapat dua cara yaitu dengan membuat sendiri racikan perawatan atau langsung membeli hasil olahan bengkuang di di supermarket.

Jika kamu ingin membuat sendiri caranya sangat mudah. Pertama parut bengkoang hingga halus, setelah selesai diparut peras hasil parutan. Diamkan air hasil perasan selama 15 hingga 20 menit dan kamu akan melihat ada endapan di bagian dasar air perasan. Pendapat inilah yang akan kamu gunakan untuk merawat wajah ataupun kulit kamu.

  1. Menyamarkan noda hitam

Karena bengkoang efektif untuk mencerahkan kulit otomatis buah ini juga memiliki khasiat untuk menyamarkan noda hitam. Jika kamu memiliki banyak bekas kehitaman akibat jerawat tidak ada salahnya kamu mencoba menggunakan bengkoang untuk mengatasinya.

  1. Meningkatkan produksi kolagen

Diperkaya dengan kandungan oksidan menjadikan bengkoang mampu meningkatkan kadar kolagen pada kulit. Kadar kolagen ini sangat penting untuk membuat wajah tetap kenyal dan lembab. Dalam jangka panjang tanda-tanda penuaan dini bisa di minimalisir apabila kadar kolagen pada kulit tercukupi.

Untuk memaksimalkan proses pembentukan kolagen pastikan kamu tetap menggunakan sunscreen saat keluar rumah. selain itu jangan terlalu lama berada di bawah paparan sinar matahari karena bisa merusak jaringan perlindungan pada kulit wajah.

  1. Mengontrol minyak pada wajah

Bengkoang memiliki kandungan air yang cukup banyak sehingga efektif untuk mengurangi kadar minyak pada wajah. Kamu bisa menggunakan bengkoang sebagai masker 2 kali dalam seminggu untuk mencegah adanya kadar minyak berlebih pada wajah.