4 Manfaat Labu Siam Untuk Bayi 7 Bulan Sebagai Menu MPASI

Pada usia 7 bulan, bayi telah siap menerima makanan selain ASI. Bunda pun pasti juga sudah mulai memberikan berbagai macam MPASI. Salah satunya adalah labu siam. Nah, tahukah Bunda apa manfaat labu siam untuk bayi 7 bulan?

Labu siam mengandung banyak nutrisi baik bagi tubuh bayi. Diantaranya vitamin B1, B3, C, asam folat dan mineral. Serta mengandung kalori dan lemak yang rendah. Tapi tinggi serat dan karbohidrat yang baik untuk bayi.

Dengan nutrisinya yang penuh itu, tentu tidak heran jika labu siam bagus untuk MPASI. Terutama dengan beberapa manfaatnya berikut ini:

  1. Melancarkan Pencernaan Bayi

Labu siam kaya akan serat yang baik bagi pencernaan. Selain itu, kandungan air didalamnya juga tinggi. Manfaatnya, bayi pun terhindar dari masalah pencernaan seperti sembelit.

  1. Memperkecil Risiko Bayi Obesitas

Manfaat ini didapat dari kalium yang terdapat dalam labu siam. Kalium berfungsi membunuh kolesterol jahat dari makanan. Juga membantu membersihkan kadar karbondioksida pada darah. Menjadikan risiko obesitas pada bayi bisa dicegah.

  1. Mendukung Perkembangan Otak dan Sistem Saraf

Dalam labu siam terkandung vitamin B kompleks dan folat. Yang mana keduanya bagus untuk perkembangan otak dan sel saraf bayi. Tak hanya itu, asam folatnya juga berguna mengurangi risiko kerusakan pada sistem saraf bayi.

  1. Menjaga Stamina Bayi

Selanjutnya, manfaat labu siam untuk bayi 7 bulan ialah untuk menjaga stamina. Di masa tumbuh kembang, bayi memang butuh stamina yang besar. Labu siam bisa meningkatkan stamina pada bayi dan membuatnya tidak mudah sakit.

Sebelum mengolah labu siam menjadi MPASI, pastikan lebih dulu hilangkan getahnya. Sebab hal itu dapat membuat manfaat labu siam tidak terserap optimal. Jadi, pastikan Bunda mengolahnya dengan tepat.