6 Khasiat Kunir Putih Bagi Kesehatan dan Cara Membuatnya

Kunyit atau juga disebut kunir bagi orang Jawa merupakan tumbuhan yang termasuk ke dalam rempah-rempahan. Ada dua macam kunir yakni kunir kuning dan kunir putih. Keduanya memiliki khasiat yang sama pentingnya. Selama ini, orang hanya mengenal kunir kuning lalu bagaimana dengan kunir putih? Ternyata khasiat kunir putih juga baik buat kesehatan tubuh.

Jika dilihat dari karakter kunir putih cukup berbeda dengan kunir kuning. Kunir putih cenderung lebih lunak dibanding kunir kuning, selain itu rasanya hampir mirip dengan jahe namun menimbulkan rasa getir.

6 Khasiat Kunir Putih Bagi Kesehatan

Kunir putih memang tidak kalah berkhasiat dibandingkan kunir kuning. Meskipun belum ada penelitian tentang khasiat dari kunir putih, faktanya kunir putih juga banyak dimanfaatkan sebagai obat-obatan atau pun bahan herbal. Berikut 6 khasiat dari kunir putih bagi kesehatan tubuh:

  1. Mencegah kanker.

  2. Sebagai antioksidan.

  3. Mengurangi rasa sakit dan nyeri.

  4. Mengatasi masalah pencernaan dan maag.

  5. Antimikroba dan antijamur

  6. Obat alami untuk mengatasi alergi

Melihat khasiatnya begitu banyak, jamur kunir putih bisa membuatnya sendiri di rumah. Untuk mengolah kunir putih sangat sederhana, berikut langkah-langkahnya:

  1. Geprek kunir putih lalu masukkan ke dalam rebusan air. Anda bisa menambahkan daun serai dan jahe.

  2. Cukup hanya dua menit saja lalu matikan kompor.

  3. Tambahkan madu dan perasan jeruk nipis

Penyajian kunir putih di atas sangat sederhana dan bisa Anda minum setiap pagi. Minum setiap pagi hari maka Anda akan rasakan khasiat kunir putih untuk ke depannya.