Yuk Cari Tahu Apa Itu Proyektor, Fungsi Dan Jenisnya

Bagi anda yang sering kali melakukan presentasi, maka proyektor merupakan alat atau perangkat keras yang mudah untuk anda jumpai. Bahkan saat ini cara kerja komputer juga banyak yang telah mendukung sistem pemakaian proyektor ini. untuk itu, jika anda ingin tahu lebih lanjut mengenai apa itu proyektor, maka simak ulasan beserta fungsi dan jenisnya.

Hal yang Dimaksud Dengan Proyektor

Proyektor merupakan salah satu perangkat yang digunakan untuk memproyeksikan. Apa saja yang diproyeksikan, tentunya beragam. sebut saja seperti teks, gambar dan juga video yang ada di dalam komputer atau laptop ke layar maupun dinding. Sehingga akan membuat layar komputer menjadi lebih besar.

Dengan begitu, dapat dikatakan jika proyektor adalah alat atau perangkat yang memang dapat membantu untuk menampilkan gambar, video maupun teks dari laptop dan komputer untuk bisa diproyeksikan ke layar putih yang ada di sebuah ruangan maupun dinding yang berwarna putih.

Fungsi Dari Proyektor

Sedangkan jika berbicara mengenai fungsi dari proyektor sendiri adalah dapat berguna sebagai media informasi. Seperti yang anda tahu bahwa proyektor mampu  untuk menampilkan gambar, teks maupun video ke dalam ukuran yang lebih besar. Oleh karena itu, dapat dikatakan proyektor memiliki manfaat yang sangat efisien untuk bisa berfungsi sebagai media informasi.

Kemudian, setelah anda tahu apa itu proyektor, maka fungsi lain dari perangkat keras satu ini adalah sebagai media hiburan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan jika anda memiliki proyektor di dalam rumah, maka hal tersebut dapat anda manfaatkan untuk menonton film layaknya sedang berada di bioskop.

Tentu saja hal ini dikarenakan dengan adanya proyektor akan mampu untuk menampilkan video yang ada di laptop dengan lebih besar. Hal tersebut bertujuan agar nantinya ketika anda ingin nobar atau menonton film bareng bareng bersama dengan keluarga bisa menggunakan proyektor satu ini.

Selanjutnya fungsi atau manfaat lain dari proyektor adalah untuk media atau alat untuk presentasi. Jika anda mengadakan seminar atau presentasi, tentunya proyektor akan memiliki peranan yang sangat besar. Hal ini dikarenakan dengan adanya alat tersebut akan membuat tulisan yang anda buat di komputer menjadi lebih besar.

Selain itu, hal ini akan membuat suasana presentasi menjadi lebih hidup. Sehingga audiens yang sengaja datang untuk presentasi anda, akan bisa melihat teks dengan layar yang besar. Penonton pun akan lebih paham dan tertarik untuk bisa melihat dan mendengarkan apa yang sedang anda presentasikan.

Jenis Proyektor yang Perlu Anda Tahu

  1. Proyektor LCD

Adapun jenis proyektor yang pertama adalah LCD. Perangkat satu ini merupakan alat bantu yang mampu digunakan untuk media presentasi anda. Sehingga teks, gambar dan video yang dimiliki akan bisa ditampilkan dengan mudah. Proyektor dengan jenis ini akan mampu bekerja dengan perangkat tambahan seperti kabel data, power supply dan penghubung seperti adaptor.

  1. Proyektor Digital

Selanjutnya ada pula proyektor digital yang bisa mengkonversi secara langsung gambar atau teks yang ada di laptop dengan menggunakan sistem lensa. Dengan alat ini menggunakan teknologi diantaranya adalah gerbang cahaya, intensitas tinggi CRT dan uga texas instrument yaki teknologi DL.

Itulah beberapa hal yang perlu anda tahu tentang proyektor. Dalam melakukan presentasi, alat atau perangkat satu ini memang memiliki peranan yang sangat penting. Sehingga, tentunya, bagi anda yang kerap kali melakukan seminar sudah tidak asing dengan perangkat yang memiliki banyak manfaat ini.