ASI Tidak Keluar Setelah 2 Minggu Melahirkan Karena Stress

Salah satu penyebab yang paling umum untuk masalah tidak keluarnya ASI adalah stress. Stress dapat terjadi dengan mudah pada ibu yang sedang hamil dan menyusui. Stress berawal dari proses melahirkan yang sulit dan panjang atau ada beberapa hal yang menjadi kekhawatiran ibu tapi tidak pernah ada orang yang bisa diajak bicara mengenai kekhawatiran tersebut. Hal ini membuat berbagai perasaan dan kebingungan menumpuk dalam pikiran ibu dan menambah tekanan pada diri si ibu sementara mereka harus melewati sebuah proses penting yang berat. Rasa stress ini dapat dihilangkan dengan mudah memberikan perhatian yang lebih besar dan rasa nyaman pada diri ibu. Ini adalah cara tercepat dan termudah untuk mengembalikan kondisi ibu.

Beragam Pengaruh Stress Pada Ibu dan Bayi

Ketika stress seseorang juga bisa mengalami gangguan hormon. Hal ini juga membuat ASI tidak bisa berproduksi dengan baik. Tidak sedikit ibu hamil yang harus berurusan dengan psikiater untuk mendapatkan perhatian yang layak dan menyelesaikan semua kegundahan dan kekhawatiran mereka. Langkah untuk mengatasi masalah ini sangat sederhana karena ibu hanya perlu menemukan orang yang tepat untuk mendengarkan masalah mereka. Rasa stress akan hilang secara perlahan ketika hal ini sudah ditangani dan ibu akan kembali mendapatkan produksi ASI yang normal walaupun ibu akan mengalami masalah lanjutan yang terjadi karena pada saat ingin menyusui bayi yang sudah terbiasa menyusui dengan botol akan terjadi penolakan yang keras sehingga ibu perlu melakukannya secara perlahan dan tenang.

 

Produksi ASI yang buruk juga bisa terjadi ketika ibu mengalami proses melahirkan yang sulit dan panjang sehingga meninggalkan trauma tersendiri. Hal ini menjadi sebuah kondisi yang merepotkan karena ibu bisa saja tidak sembuh dari trauma yang mereka rasakan. Untuk mengatasi hal ini memindahkan ibu pada kondisi lingkungan yang nyaman sangat penting untuk dilakukan. Ini artinya ibu harus keluar dari rumah sakit secepat mungkin tapi karena alasan tertentu hal ini bisa saja tidak bisa dilakukan. Biasanya tidak ada cara untuk mengatasi hal ini sampai ibu keluar dari rumah sakit dan memasuki lingkungan yang membuat mereka nyaman.

Solusi Masalah Stress Pada Ibu dan Bayi

Masalah stress ini adalah sesuatu yang cukup rumit untuk diselesaikan. Seorang ibu harus menemukan sendiri solusinya dan keluarga harus bekerjasama untuk membuat hal tersebut berjalan dengan baik. Ibu harus mendapatkan informasi yang cukup mengenai kehamilan dan mengurusi bayi untuk dapat mempersiapkan diri dengan baik. Pengetahuan teknis seperti perawatan botol susu dan cara memilih botol susu yang tepat untuk bayi juga menjadi hal penting untuk diperhatikan. Pengetahuan ini akan membuat ibu bisa mempersiapkan diri dengan baik pada saat melahirkan dan mengurusi anak. Ini adalah sebuah langkah yang penting dan sangat berguna untuk mengatasi rasa stress pada ibu dengan cepat dan mudah.

 

Persiapan yang memadai dan dukungan dari keluarga merupakan hal yang sangat penting dan memberikan pengaruh besar pada persiapan untuk bersalin dan mengurusi bayi. Cara ini akan memastikan semuanya bisa berjalan lancar dan ibu tidak akan merasakan stress sama sekali sehingga ASI dapat keluar dengan lancar. Masalah ini merupakan sesuatu yang bisa diselesaikan dengan mudah jika ibu sudah mengetahui keberadaan masalah seperti ini sejak awal dan memilih untuk membuat persiapan lebih lengkap dan matang sebelum melahirkan. Berbagai penyakit dan kelainan yang dialami ibu juga sebaiknya sudah diperiksa dan diketahui sejak dini.