Berapakah Jumlah Pulau di Indonesia?

Indonesia adalah salah satu negara kepulauan yang cukup besar di dunia. Bahkan Indonesia sendiri juga memiliki begitu banyak pulau-pulau cantik yang ada di dalamnya. Akan tetapi, belum banyak orang yang bahkan paham terkait berapa jumlah pulau yang memang ada di Indonesia ini. Berapa jumlah pulau di Indonesia juga yang ada secara keseluruhan?

Ada banyak pembaharuan dan penelitian yang dilakukan oleh sejumlah peneliti yang ada di Indonesia terkait berapa jumlah pulau yang ada. Ada yang menyebutkan bahwa 17.491 pulau hasil validasi serta verifikasi sampai dengan 2019. Kemudian, di tahun 2020 sendiri ada proses validasi serta verifikasi terhadap 88 pulau yang tersisa. Dengan demikian, maka untuk jumlah pulau yang ada di Indonesia dapat dihitung dengan cara yang akurat.

Adapun untuk banyak pulau-pulau besar yang ada di Indonesia diantaranya adalah Pulau Papua, Pulau Kalimantan, Pulau Sumatera, Pulau Sulawesi, Pulau Jawa, dan lain sebagainya. Bahkan dalam masing-masing pulau besar yang ada di Indonesia, juga masih terbagi Kembali menjadi beberapa pulau kecil lain yang ada. Semua pulau yang ada di Indonesia memiliki keanekaragamannya sendiri yang pada akhirnya membuat beberapa orang tertarik untuk menjelajahi di dalamnya.

Untuk mengintip perkembangan terbaru terkait jumlah pulau yang ada di Indonesia, Anda bisa mengecek dan mencari berita serta informasi yang diberikan oleh LIPI badan penelitian yang membahas terkait geografi di Indonesia.