Cara Mengatasi Mata Merah, Penyebab dan Obatnya

Meskipun penyakit mata merah bersifat jinak, tidak menimbulkan atau sedikit komplikasi, penyakit ini menyebabkan ketidaknyamanan dan kesulitan bagi pasien dalam aktivitas sehari-hari. Karena itu, ketika Anda menghadapi situasi ini, Anda dapat menerapkan cara mengatasi mata merah rumahan yang efektif yang kami bagikan di bawah ini.

Penyebab mata merah

Mata merah dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, atau alergi. Terlepas dari penyebabnya, pasien juga akan muncul tanda dan gejala umum seperti mata merah dan bengkak, rasa terbakar, mata berair, dll.

Penyebab Mata merah karena bakteri

Bakteri penyebab mata merah biasanya Staphylococcus, Haemophilus Influenzae, dll. Jika mata merah disebabkan oleh bakteri, maka selain mata merah dan bengkak, pasien juga mengeluarkan cairan (hijau atau kuning) pada kelopak mata di pagi hari, tepat setelah ketika Anda bangun tidur.

Bersamaan dengan itu adalah rasa gatal dan terbakar di mata, sangat tidak nyaman. Jika tidak diobati, dapat menyebabkan ulkus kornea, yang dapat mempengaruhi penglihatan.

Penyebab Mata merah karena virus

Mata merah akibat virus akan memiliki gejala yang mirip dengan mata merah bakterial, yaitu mata merah, bengkak, dan berair.

Namun, disertai dengan rasa sakit tenggorokan, demam (mirip ketika tubuh sedang pilek, flu - infeksi saluran pernapasan).

Secara khusus, beberapa orang mungkin mengalami pembengkakan kelenjar getah bening di depan telinga. Mata merah yang disebabkan oleh virus cukup umum.

Jika Anda tahu cara efektif mengobati mata merah di rumah, penyakit ini bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu seminggu.

Mata merah karena alergi

Bagi orang yang sensitif dan rentan terhadap alergi, bila terkena bahan yang mudah menimbulkan alergi seperti debu, parfum, bulu, dll akan timbul mata merah disertai reaksi rinitis alergi (bersin, pilek, batuk).

Mata merah alergi, juga dikenal sebagai konjungtivitis musim semi, seringkali bersifat musiman. Kondisinya tidak terlalu berbahaya, cukup berhenti terkena alergen dan penyakitnya akan hilang.

Cara Mengatasi Mata Merah Terampuh

Jika mata merah Anda disebabkan oleh virus atau alergi, Anda dapat membuat pengobatan rumahan yang efektif untuk mata merah. Berikut ini adalah cara mengatasi mata merah terampuh :

1. Bersihkan area mata yang terinfeksi dengan benar

Agar mata cepat sembuh, selain minum obat, cara mengatasi mata merah pasien perlu rutin membersihkan mata. Harus mencuci tangan dengan bersih sebelum menyentuh mata, mencuci mata dengan garam fisiologis secara teratur setiap hari, tidak menggunakan tangan untuk menggosok mata.

Jika Anda hanya memiliki mata merah di satu mata, Anda perlu membersihkan obat dengan hati-hati agar penyakitnya tidak menyebar ke mata yang lain.

2. Oleskan handuk hangat ke mata Anda

Siapkan handuk bersih yang lembut dan semangkuk air panas. Rendam handuk dalam semangkuk air, peras, dan letakkan di atas mata Anda selama sekitar 10 menit.

Di bawah pengaruh suhu hangat dari handuk, aliran darah ke area mata yang ditutupi handuk akan meningkat, dan pada saat yang sama, jumlah minyak yang dikeluarkan pada kelopak mata juga akan lebih banyak, sehingga mata tidak kering dan berkurang, gatal, perih, bengkak.

Catatan: Kulit di sekitar mata cukup sensitif, sehingga perlu mengatur suhu air dengan tepat, jangan biarkan air terlalu panas agar kulit tidak terbakar, memperburuk kondisi.

Seiring dengan itu, selama Anda meletakkan handuk hangat di mata Anda, Anda bisa berbaring dan rileks agar mata Anda tidak lelah, sehingga Anda merasa lebih nyaman.

3. Gunakan obat tetes mata

Ini adalah cara mengatasi mata merah yang efektif yang sangat sederhana dan aman. Sebagian besar obat tetes mata berfungsi untuk meningkatkan kelembapan di mata dan menjaganya tetap bersih. Dan ketika Anda memiliki mata merah, Anda dapat sepenuhnya menggunakan obat tetes mata untuk mengobatinya.

Oleh karena itu, cuci tangan Anda sampai bersih sebelum mengoleskan obat tetes mata. Dengan tetes mata yang salin fisiologis, setiap kali harus turun 2 tetes (tetesan pertama berjarak sekitar 5-10 menit dari tetes kedua).

Dan setiap 2 jam, teteskan sekali untuk keduanya membersihkan gel mata dan meningkatkan kelembapan agar mata tidak kering. Setelah kecil, tutup tutup botol untuk memastikan tidak ada debu, bakteri .

Untuk obat tetes mata yang dianjurkan digunakan pada suhu rendah, sebelum dan sesudah digunakan dapat disimpan di lemari es.

4. Diet yang masuk akal

Buat pasien diet nutrisi ilmiah, suplemen dengan banyak nutrisi, makan banyak buah dan sayuran organik, batasi makanan kemasan, dll.

Nutrisi yang masuk akal dengan prioritas Pertama, makanan kaya vitamin C meningkatkan resistensi dalam menu untuk membantu pasien, cepat pulih dan melawan penyakitnya.

Obat-obatan untuk mengobati mata merah

Mata merah dapat diobati di rumah dengan antibiotik atau obat resep, tergantung pada tingkat keparahan penyakitnya, pengobatannya akan berbeda.

1. Obat mata merah yang dijual bebas

Jika Anda hanya memiliki gejala mata merah muda yang ringan, Anda dapat menggunakan obat bebas untuk mengobatinya.

Menggunakan obat tetes mata biasa akan membantu menjaga mata tetap bersih dan mengurangi gejala yang disebabkan oleh mata merah.

Selain itu, obat tetes mata yang dijual bebas juga sangat berguna untuk mengobati mata merah, sehingga penyakit ini bisa sembuh dengan cukup cepat.

2. Obat tetes mata resep

Bagi penderita mata merah parah, obat yang dijual bebas akan sulit dikendalikan penyakitnya, sebaliknya harus menggunakan obat resep, dosis kuat, untuk membantu mata cepat sembuh.

Obat tetes mata antibiotik yang diresepkan oleh dokter Anda dapat membunuh bakteri, virus, dan alergen di mata Anda.

Orang dengan mata merah dapat pulih lebih cepat saat menggunakan obat tetes mata dengan kekuatan resep untuk pemulihan yang lebih cepat.

3. Obat antivirus

Dalam kasus mata merah yang disebabkan oleh serangan virus, dokter biasanya meresepkan pasien untuk minum obat antivirus.

Obat antivirus memiliki dosis yang kuat, membantu menghancurkan semua virus, membantu mata pulih dengan cepat dan efektif.

4. Salep mata antibiotik

Tetes mata antibiotik juga merupakan salah satu obat mata merah terbaik. Jenis obat oles ini sering digunakan untuk anak kecil.

Namun setelah sekitar 20 menit mata akan sembuh, penyakitnya juga sembuh setelah beberapa hari.

Mata merah kapan harus ke dokter?

Seperti disebutkan di atas, mata merah yang disebabkan oleh bakteri seringkali lebih berbahaya. Jika Anda telah menerapkan pengobatan rumahan untuk mata merah tetapi tidak efektif.

Sebaliknya jika gejala berikut muncul, Anda perlu ke dokter untuk menghindari komplikasi berbahaya seperti perdarahan subkonjungtiva, edema mata, dan lainnya.

  • Sakit mata yang parah, disertai dengan sensasi terbakar, ketidaknyamanan

  • Peka terhadap cahaya

  • Penglihatan kabur, kesulitan atau tidak melihat sesuatu

  • Banyak nanah atau keluarnya cairan dari mata

  • Demam tinggi, ruam merah

  • Antibiotik telah digunakan dan konjungtivitis bakteri tidak membaik (setelah 24 jam)

Apa yang harus dilakukan untuk mencegah mata merah?

Mata merah adalah penyakit menular yang bahkan bisa menjadi epidemi. Oleh karena itu perlu proaktif mencegah penyakit dan ketika terinfeksi.

Selain menerapkan cara efektif untuk mengobati mata merah seperti yang dibagikan di atas, perlu mengikuti secara ketat beberapa prinsip untuk cepat pulih dari penyakit dan membatasi penyebarannya ke orang lain.

Obat untuk membantu mata merah sembuh dengan cepat

  • Bila ada tanda-tanda mata merah, perlu istirahat di rumah, hindari kontak dengan orang.

  • Jaga kebersihan pribadi Anda - terutama mata Anda bersih. Jangan pernah menggunakan tisu wajah berbagi dengan orang lain.

  • Jangan makan makanan yang amis (ikan, seafood) agar tidak tumpah.

  • Jangan makan makanan pedas dan panas untuk menghindari mata bengkak dan sakit.

  • Sama sekali tidak ada stimulan.

  • Jangan memakai lensa kontak atau makeup.

  • Jangan mengobati sembarangan tanpa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Cara mencegah mata merah

  • Sering-seringlah mencuci tangan dengan air bersih dan sabun.

  • Jangan menyentuh mata Anda dengan tangan Anda.

  • Cuci tisu wajah secara teratur dan jemur di bawah sinar matahari.

  • Diet kaya omega-3, vitamin A, E, B6, B9 dan B12 (terdapat pada ikan salmon, wortel, tomat, paprika, sayuran hijau, jeruk, dll) Bermanfaat untuk mata, menjaga kesehatan mata dan menghindari risiko dari penyakit mata.

  • Lingkungan tempat tinggal bersih, tidak ada potensi alergi pada mata. Jika Anda berhati-hati, Anda dapat melengkapi alat pembersih udara untuk menjaga ruang tamu tetap bersih, segar, dan sejuk.

Cara Mendeteksi dan Mengobati Mata Merah Pada Anak-Anak

  1. Ketika anak-anak memiliki mata merah, tanda pertama adalah mata mereka merah. Ketika mereka bangun di pagi hari, lebih sulit bagi mereka untuk membuka mata dari biasanya. Banyak anak dengan kekebalan rendah mungkin memiliki gejala lain seperti demam ringan, batuk dan pilek.

  2. Untuk menghindari kasus parah pada anak yang berujung pada komplikasi, pengobatan awal di rumah yang perlu diketahui orang tua adalah obat tetes mata dengan larutan garam fisiologis. Cuci di sekitar kelopak mata Anda dengan kapas dan air bersih. Setelah 1-2 hari, penyakitnya tidak berkurang, sehingga anak harus pergi ke rumah sakit untuk mempertimbangkan minum antibiotik.

  3. Penyakit ini mudah menular melalui droplet pernapasan, jadi jika orang dewasa memiliki mata merah di rumah, hindari kontak dengan anak-anak, kenakan masker medis saat bersentuhan, cuci tangan dengan sabun sampai bersih sebelum merawatnya.

  4. Jika anak-anak dengan penyakit serius tidak segera diobati, mereka sering menunjukkan tanda-tanda tidak makan atau tidur, yang mengarah ke keratitis.

  5. Bila menggunakan obat mata merah pada anak selain salin fisiologis, perlu mengikuti resep dokter. Orang tua tidak boleh sembarangan membeli obat tetes mata lain untuk merawat bayi, menghindari kasus obat kontraproduktif yang akan memperparah penyakit.

Semoga dengan sharing di atas, para pembaca memiliki cara mengatasi mata merah  danmengobati mata merah sekaligus lebih memahami langkah-langkah pencegahan agar mata tetap cerah dan sehat.

Cara mengatasi mata merah memang tidak sulit, namun jika tidak ditangani dengan baik, pengobatan tepat waktu sangat berbahaya. Agar mata merah cepat sembuh, pasien harus mengikuti petunjuk dokter, membersihkan mata dan menghindari sakit mata.

Dan jika mata merah kamu disebabkan karena kamu sering mengucek mata karena tidak bisa melihat jauh atau dekat, maka pengobatannya adalah dengan teknik Lasik seperti yang ada di National Lasik Center.