Cara Merawat Tali Pusar Bayi Hingga Puput

Tali pusar bayi umumnya akan kering dan lepas dengan sendirinya ketika umur tiga minggu. Merawat tali pusar menjadi hal baru bagi orang tua baru sehingga harus mengetahui cara merawat tali pusar bayi yang benar.

Penanganan serta perawatan pada tali pusar bayi perlu dilakukan dengan hati-hati. Sebab, apabila tali pusar bayi tidak dirawat dengan benar dapat membuat bagian pusar bayi mengalami iritasi. Tentu saja apabila hal ini terjadi akan cukup mengkhawatirkan karena bayi akan merasa kesakitan.

Tips dan Cara Merawat Tali Pusar Bayi Hingga Puput

Agar tidak salah dalam menangani tali pusar bayi maka perhatikan langkah-langkah perawatan bayi pada bagian pusar di bawah ini:

  1. Mandikan bayi dengan sponge yang halus. Lakukan dengan perlahan agar bayi tidak terkejut dan merasa nyaman.

  2. Gunakan kapas yang sudah dibasahi sabun khusus bayi. Lakukan di sekitar bayi yang kotor dan lengket kemudian keringkan dengan lap berserat halus yang bersih.

  3. Pastikan tali pusar selalu kering dan biarkan tali pusar terpapar udara. Hindari bagian tali pusar tersebut tertutup popok sehingga kondisi tali pusar akan tetap kering.

  4. Biarkan tali pusar tersebut lepas dengan sendirinya.

Demikian cara merawat tali pusar bayi yang benar agar kondisi tali pusar selalu bersih dan terawat, kering dan tidak menyebabkan bagian tali pusar iritasi. Pastikan untuk merawat tali pusar dengan rutin setiap harinya.