Cara Meredakan Batuk Berdahak Dengan Obat Tradisional

Cara meredakan batuk berdahak dari bahan alami tidak hanya membawa hasil pengobatan yang efektif tetapi juga menjamin keamanan bagi kesehatan jika digunakan dalam waktu lama.

Cara Meredakan Batuk Berdahak Menggunakan Obat Herbal

Dalam kasus batuk berdahak ringan, kamu bisa menggunakan cara meredakan batuk berdahak dengan obat-obatan alami berikut untuk menghilangkan dahak.

1. Lemon atau Jeruk Nipis

Selain memberikan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, kandungan aktif dalam lemon atau jeruk nipis juga membantu meredakan batuk dan mengencerkan lendir.

Kamu menerapkan cara meredakan batuk berdahak dengan menggunakan jeruk nipis atau lemon melalui langkah-langkah sederhana berikut ini:

  • Lemon atau jeruk nipis segar dicuci, dibelah dua, dibuang bijinya dan diperas untuk diambil sarinya atau air perasanya

  • Setelah itu kamu ambil satu sendok teh jus lemon atau jus jeruk nipik dengan dicampur dengan 100 ml air hangat

  • Setelah itu kamu tambahkan 1 sendok teh madu murni, dan aduk sampai merata dan minum beberapa kali sehari sampai batuk berdahak mereda

Selain cara meredakan batuk berdahak di atas, kamu juga bisa memotong jeruk nipis menjadi irisan tipis, campur dengan sedikit garam dan dimakan 2-3 kali sehari. Metode ini membantu meredakan gejala batuk berdahak dengan cepat setelah beberapa hari pemakaian.

2. Jahe

Jahe merupakan salah satu cara meredakan batuk berdahak yang digunakan oleh banyak orang saat batuk. Selain efek dekongestan dan anti infeksi yang terdapat di dalam jahe. Dengan sifat hangat jahe dapat membantu mengencerkan dahak dan mengurangi gejala nyeri terbakar yang dapat menyebabkan iritasi batuk di nasofaring.

Langkah-langkah meredakan batuk berdahak menggunakan jahe adalah sebagai berikut :

  • Jahe segar kamu kupas dan dicuci bersih

  • Setelah itu kamu potong-potong menjadi irisan tipis dan kamu masukkan ke dalam secangkir air hangat selama kurang lebih 5 menit

  • Lalu tambahkan sedikit madu dan kamu bisa meminumnya beberapa kali sehari

Terapkan cara meredakan batuk berdahak menggunakan jahe ini selama beberapa hari, kamu akan merasakan gejalanya akan segera hilang.