You are currently viewing Sangat Simpel, Begini Cara Restart Laptop Dengan Keyboard!

Sangat Simpel, Begini Cara Restart Laptop Dengan Keyboard!

  • Post author:
  • Post category:Tekno

Keyboard bisa melakukan sejumlah fungsi pada laptop. Tidak terkecuali untuk memerintahkan sistem untuk restart. Nah, seperti apa cara restart laptop dengan keyboard tersebut?

Restart laptop atau komputer terkadang dibutuhkan oleh pengguna. Terutama bila perangkat elektronik ini mengalami sejumlah masalah. Misalnya hang sehingga tidak dapat dioperasikan sebagaimana mestinya.

Merestart laptop dipilih sebagai langkah untuk menangani masalah tersebut. Setidaknya, restart komputer memungkinkan komputer dapat memperbaiki eror secara otomatis.

Ketika laptop telah menyala sehabis direstart, sejumlah fungsi dalam sistem windows bisa berjalan dengan baik. Makanya, sebagian pengguna biasanya sering melakukannya.

Untuk merestart komputer/laptop, ini bisa dikerjakan dengan tombol keyboard. Di sini, Kami akan menunjukkan beberapa caranya sebagaimana yang diulas secara mendalam oleh NeoTekno.

Restart Melalui Fungsi Run

Run merupakan salah satu fitur yang terdapat dalam sistem operasi windows. Fungsinya untuk mencari hingga membuka sistem.

Pencarian melalui fungsi ini tentunya jauh lebih cepat. Karena, pengguna cukup mengetik frase yang sudah tersimpan dalam sistem.

Fungsi ini pun dapat dimaksimalkan untuk merestart laptop. Nah, tahukah Anda bagaimana cara restart laptop dengan keyboard melalui fungsi run?

Caranya cukup sederhana. Cukup tekan Windows+R secara bersamaan. Maka, jendela tentang run akan muncul.

Di sini, terdapat kolom kosong yang ditujukan untuk melakukan pencarian atau memerintahkan sesuatu. Untuk kasus restart, pengguna cukup mengisi kolom dengan mengetik shutdown/r.

Tekan enter untuk menyetujuinya. Atau jika mouse masih bisa bekerja, cukup arahkan ke tombol OK untuk menyetujuinya. Hasilnya, laptop akan segera restart secara otomatis.

Restart dengan Windows+X

Alternatif lainnya ini pun super mudah. Anda dapat memanfaatkan tombol kombinasi yang tersedia di keyboard. Yakni menekan Windows+X secara bersamaan.

Kombinasi ini akan memunculkan sejumlah menu. Anda hanya perlu mengarahkannya masuk ke menu shut down or sign out. Kemudian, pilih restart.

Cara ini akan lebih mudah jika menggunakan bantuan mouse. Karena, Anda akan lebih cepat dalam menyorot menu tersebut.

Tetapi bila tidak memungkinkan, Anda masih bisa melakukannya. Yakni dengan memanfaatkan arah panah yang ada di keyboard.

Arahkan sesuai dengan posisi menu yang disebutkan. Jika sudah menuju restart, tinggal tekan enter. Maka, laptop akan segera restart seperti yang diharapkan.

Restart dengan CTRL+ALT+DEL

Cara terakhir ini bisa diterapkan ketika laptop benar-benar hang. Praktis, laptop tidak bisa dioperasikan untuk mendukung aktivitas pengguna.

Langkahnya ialah dengan menekan bersamaan tombol kombinasi CTRL+ALT+DEL. Kombinasi ini akan memerintahkan sistem untuk merestart.

Sistem biasanya akan menampilkan jendela khusus di mana pengguna pun dapat melanjutkan atau membatalkannya.

Jika ingin melanjutkannya, cukup tekan enter. Lakukan lagi dengan menekan enter ketika muncul tampilan restart darurat/emergency restart.

Dengan menyetujuinya, laptop tersebut akan segera restart secara otomatis. Prosesnya cukup cepat hingga laptop dapat menyala sebagaimana mestinya.

Dari sebagian kasus, terkadang laptop memerlukan waktu untuk menginstal ulang beberapa sistem. Fungsinya untuk mengembalikan sistem yang mengalami eror sebelumnya.

Anda tidak perlu khawatir. Cukup tunggu saja hingga prosesnya berakhir. Jika sudah berakhir, laptop akan tampil lebih fresh dan siap untuk dioperasikan.

Nah, dari sekian banyaknya metode, metode paling mudah ialah dengan memanfaatkan fungsi run. Tentunya dengan catatan bahwa fungsi ini masih dapat bekerja meskipun dalam kondisi hang.

Tetapi bila tidak mampu bekerja seperti biasanya, Anda bisa menggunakan cara restart laptop dengan keyboard sisanya. Jadi, sesuaikan saja metodenya sesuai dengan kondisi laptop.