Gunung Kelud

Gunung Kelud merupakan sebuah gunung berapi yang paling aktif sampai saat ini. Gunung ini terletak di Provinsi Jawa Timur dan berada di antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang.

Gunung api ini termasuk dalam tipe stratovulkan atau gunung kerucut dengan karakteristik letusan eksplosif. Seperti banyak gunung api di Pulau Jawa lainnya, Gunung Kelud terbentuk akibat adanya aktivitas subduksi lempeng benua Indo Australia dan lempeng Eurasia.

Gunung Kelud tercatat aktif meletus sejak 1300 tahun Masehi dengan rentang jarak waktu yang relatif pendek 7 tahun sampai 25 tahun, dan menjadikan Gunung Kelud menjadi gunung api yang berbahaya bagi manusia dan makhluk hidup disekitarnya.

Gunung api ini memiliki danau kawah, jika dalam kondisi letusan dapat menghasilkan aliran lahar dalam jumlah besar, dan berbahaya. Letusan pada tahun 2007 memunculkan kubah lava yang semakin membesar dan menyelimuti danau. Sehingga danau kawah nyaris hilang dan menyisakan genangan kecil seperti kubangan air. Namun kubah lava ini hancur pada letusan besar pada awal tahun 2014.

Puncak yang ada saat ini merupakan sisa letusan besar masa lalu yang meruntuhkan bagian puncak lama. Sisi barat daya runtuh dan terbuka yang mengakibatkan kawah membuka ke arah itu. Puncak Kelud tertinggi berposisi agak timur laut kawah. Puncak lainnya adalah bernama Puncak Gajah mungkur di sisi barat dan Puncak Sumbing di sisi selatan.