Kamu sudah tahu Pengertian Sejarah? Simak yuk informasinya!

Sejarah sebagian besar orang sangat penting, bahkan sejarah disebut-sebut sebagai hal yang pantas untuk dihormati. Sehingga, ada beberapa negara yang menjadikan tradisi yang ada dalam sejarahnya merupakan hal sakral dan diikuti oleh Masyarakatnya.

Pengertian berdasarkan bahasa

Sejarah berasal dari sebuah kata berbahasa Arab yaitu, syajaratun. Dimana apabila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia memiliki arti pohon. Adapun sejarah pun dalam bahasa arab yaitu tarikh, yang mana diterjemahkan dalam bahasa Indonesia yaitu penggalan atau waktu.

Beda halnya dalam bahasa Yunani yaitu historia yang memiliki makna ilmu atau disebut pula orang pandai. Sedangkan dalam bahasa Inggris yaitu history yang diartikan sebagai masa lalu manusia.

Pengertian menurut Istilah

Ada beberapa pendapat mengenai sejarah dari berbagai para ahli. Pendapat tersebut diantaranya mencakup:

  1. Ibnu Khaldun

Sejarah menurutnya merupakan sebuah catatan mengenai masyarakat secara umum atau sebuah peradaban masyarakat mengenai watak maupun sifatnya.

  1. V Bryce

Sejarah menurutnya merupakan sebuah catatan yang berisikan pikiran, apa yang dikatakan, serta apapun perbuatan yang dilakukan manusia.

  1. Patrick

Dalam pandangannya, sejarah merupakan sebuah ilmu yang dipelajari oleh manusia. Dimana, ilmu tersebut merupakan segala sesuatu yang telah dilakukan oleh manusia itu sendiri.

  1. Yamin

Menurut Moh. Yamin, sejarah merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang terdiri dari hasil penyelidikan. Dimana hal tersebut dilakukan dari berbagai peristiwa dan dapat dibuktikan oleh fakta atau kenyataan.

 

Sejarah,  memiliki makna ilmu yang mempelajari sesuatu yang telah terjadi pada peradaban manusia atau pada kehidupan masyarakat di masa lampau. Maka, dengan memahami sejarah akan membantu kamu dalam memahami makna kehidupan.