Keunikan Rumah Adat Kalimantan Selatan

Indonesia memiliki warisan budaya yang sangat beragam. Salah satunya adalah rumah adat. Rumah adat Kalimantan Selatan dikenal dengan rumah adat Bubungan Tinggi. Rumah adat yang satu ini memiliki keunikan dengan ciri khasnya tersendiri.

Apa saja keunikan dari rumah adat asal Kalimantan Selatan yang satu ini? Apa makna dari ornamen yang ada di rumah adat ini? Jika Anda penasaran, maka lebih baik untuk membaca informasi ini ya.

Keunikan Rumah Adat Kalimantan Selatan yang Menarik

Rumah adat tradisional Suku Banjar ini memiliki bentuk segitiga yang lancip ke atas dengan sudut sekitar 45 derajat. Ada tiang utama dan tiang penyangga yang menopang rumah ini agar berdiri dengan kokoh.

Keunikan rumah adat ini adalah ornamen unik berupa ukiran di tangga, pilis, tataban, dan tiang rumah. Motif dari ornamen ini berupa hewan dan tumbuhan serta beberapa motif geografis.

Ornamen dengan motif tumbuhan berupa bunga melati memiliki maknanya tersendiri. Motif bunga melati diukir saling terhubung sebagai simbol agar setiap orang bisa hidup dengan rukun.

Motif hewan yang diukir dalam ornamen ini biasanya berupa burung enggang. Sedangkan motif geometris berupa lingkaran, segi empat, dan segitiga.

 

Rumah adat Kalimantan Selatan memiliki keunikan yang sangat menarik. Selain menarik, ternyata setiap bagian dari rumah ini memiliki makna yang bersifat positif untuk kehidupan.