Berapa Lama pendidikan dokter Spesialis Anak

Jika Kamu tertarik untuk menjadi dokter spesialis anak, Kamu mungkin bertanya-tanya berapa lama pendidikan dokter Spesialis Anak sampai Kamu bisa membuka praktek dokter spesialis anak sendiri. Jawaban cepatnya adalah, setelah lulus SMA, seorang siswa lulusan SMA yang ingin menjadi dokter spesialis anak  harus menyelesaikan pendidikan, magang/internship dan pelatihan selama 11 tahun sebelum dapat bekerja sebagai dokter spesialis anak.

Tapi cepat atau lamanya kamu menjadi dokter spesialis anak juga tergantung dari kemampuan kamu untuk mempelajari dan mempraktekan ilmu yang didapatkan selama kuliah dan magang. Untuk penjelasan lebih lengkap tentang jawaban beberapa Lama pendidikan dokter Spesialis Anak, simak penjelasan berikut!

Berapa Lama Pendidikan Dokter Spesialis Anak?

Lama pendidikan dokter Spesialis Anak adalah sekitar 11 tahun yang terdiri dari :

1. 4 Tahun Sekolah Jurusan Kedokteran

Tahapan pertama sebelum kamu bisa menjadi dokter spesialis anak adalah harus menempuh pendidikan formal di jurusan kedokteran terlebih dahulu selama 4 tahun untuk bisa lulus menjadi sarjana kedokteran. Pendidikan kedokteran awal ini kamu harus selesaikan guna melangkah ke tahap selanjutnya sebelum kamu bisa mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR) dan Surat Izin Prakte (SIP).

2. Program Profesi Kedokteran 2 Tahun

Setelah kamu lulus dari perguruan tinggi dalam empat tahun mendapatkan gelar sarjana kedokteran. Tahap selanjutnya kamu harus melanjutkan ke program profesi Kedokteran selama sekitar 1,5 tahun sampai 2 tahun. Ketika kamu berhasil lulus dalam ujian teori dan praktek dalam program profesi atau koas ini maka kamu akan mendapatkan gelar sebagai dokter dengan melakukan sumpah dokter.

Setelah berhasil mendapatkan gelar sebagai dokter dengan mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR), kamu masih belum bisa melanjutkan langsung untuk sekolah di pendidikan kedokteran spesialis. Kamu harus melanjutkan tahap ketiga terlebih dahulu yaitu tahap magang/internship.

3. Internship/Magang 1 Tahun

Untuk melengkapi lama pendidikan dokter Spesialis Anak selama 11 tahun, selain kamu menempuh pendidikan di sekolah dan pelatihan saat menjadi koas. Untuk menjadi dokter anak kamu masih membutuhkan tahapan ke tiga dengan melakukan internship atau magang selama 1 tahun.

Penting untuk dicatat bahwa selama magang atau mengikuti program internship ini Kamu masih tahap belajar. Secara teknis Kamu tidak bersekolah dan dibayar untuk bekerja di rumah sakit saat melakukan magang.

Saat proses magang ini kamu akan dipasangkan dengan dokter senior di sebuah rumah sakit. Di mana Kamu akan menghabiskan tahun-tahun ini untuk mempelajari cara mendiagnosis dan merawat pasien sungguhan, bekerja langsung di rumah sakit dan merawat pasien rawat jalan. Kamu akan berlatih ilmu kedokteran di bawah bimbingan dokter senior untuk bisa mempelajari keahlian sebagai dokter selama 1 tahun yang penuh tekanan. Di akhir masa magang, Kamu kemudian mendapatkan Surat Izin Praktek ketika telah menyelesaikan tahapan internship selama 1 tahun.

4. Pelatihan khusus tambahan

Setelah mendapatkan Surat Izin Praktek atau setelah selesai magang, apakah bisa langsung mengambil pendidikan spesialisasi dokter anak? Kamu tidak bisa langsung melanjutkan pendidikan ke dokter spesialis anak. Kamu harus memiliki pengalaman tambahan khusus selama sekitar 3 tahun untuk menangani pasien langsung khusus anak-anak.

Dan setelah memiliki lebih banyak pengalaman prakti, kamu baru bisa mendaftar program spesialis anak. Sebelum mendaftar akan ada test, jika kamu lolos tes maka kamu bisa masuk kuliah di jurusan spesialis anak atau Pedriatri.

Saat kuliah di jurusan spesialis anak, walaupun banyak praktek tetapi ada juga kelas memperlajari teori. Untuk lama pendidikan dokter spesialis anak ini adalah sekitar 4 tahun. Di tahap kuliah spesialis anak ini kamu harus menyiapkan waktu, tenaga dan pikiran dengan lebih ekstra. Karena di tahap ini masih dalam tahap berlajar belum tahap menjadi pekerja professional dengan penghasilan tetap.

Setelah selesai pendidikan di jurusan spesialis anak, kamu juga masih harus melakukan program internship selama 1 tahun. Sebelum kamu menyelesaikan test dan ujian untuk bisa menjadi dokter spesialis anak.

Jadi jika kamu memiliki minat tinggi sebagai seorang dokter spesialis anak, di tahap sebelum seleksi masuk jurusan kedokteran. Yang terbaik adalah kamu ikuti BIMBEL KEDOKTERAN BANDUNG agar peluang masuk jurusan kedokteran lebih besar.