Masjid Tiban

Masjid umumnya dibangun dengan jumlah lantai yang tidak terlalu banyak. Namun nyatanya, ada masjid yang dibangun dengan 10 lantai. Masjid tersebut adalah Masjid Tiban di Jawa Timur yang lokasinya di Jalan KH Wahid Hasyim, Gang Anggur, Desa Sananrejo, Turen, Malang.

Terletak di dalam Pondok Pesantren (Ponpes) Salafiyah Bihaaru Bahri' Asali Fadlaailir Rahman, masjid ini konon katanya dibangun dalam semalam sehingga disebut Masjid Tiban oleh masyarakat sekitar.

Namun, rumor tersebut dibantah oleh pengurus pesantren. Masyarakat di sekitar tidak tahu tentang pembangunan masjid tersebut karena memang sengaja dirahasiakan.

Menurut pengasuh pondok pesantren, masjid yang didominasi ornamen mozaik ini dibangun selama 10 tahun, yaitu dimulai pada tahun 1968. Pada tahun 1978, masjid tersebut baru diresmikan.

Banyaknya lantai yang dibangun  pada masjid ini bukan tanpa tujuan, tetapi masing-masing memiliki peranan, dimulai dari lantai satu yang digunakan sebagai musala dan tempat istirahat. Lantai dua sebagai loket, ruang istirahat, dapur dan ruang makan. Sementara lantai tiga digunakan untuk musala, akuarium, bahkan kebun binatang.

Lantai empat digunakan untuk keluarga pengasuh ponpes, lantai lima untuk musala, lantai enam digunakan sebagai tempat istirahat santri, lantai tujuh dan delapan sebagai tempat kios dan toko yang dikelola santri. Lantai sembilan dan sepuluh adalah bangunan yang disebut "lereng gunung" serta "puncak gunung”.