Apa Saja yang Dapat Dilakukan untuk Menghemat Air Bersih

Air termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Meski begitu, tidak semua air yang ada di bumi merupakan air bersih yang dapat dikonsumsi. Nyatanya, hanya sekitar 1 persen saja air di bumi yang merupakan air bersih dan dapat dikonsumsi.

Cara Biar Hemat Air

Artinya, dengan semakin tingginya populasi manusia, air bersih yang dapat digunakan pun semakin terbatas. Oleh karena itulah air bersih perlu digunakan dengan sebijak mungkin. Lalu, apa saja yang dapat dilakukan untuk menghemat air bersih?

  1. Menutup Keran Air Saat tidak Digunakan

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghemat air bersih. Salah satunya adalah dengan cara menutup keran air saat tidak digunakan. Cara ini sangat mudah. Namun, masih belum banyak yang mau menerapkan.

Salah satu contohnya adalah ketika mencuci tangan. Saat mencuci tangan, Anda pasti akan menggunakan sabun dan menggosok tangan selama beberapa detik (sekitar 20 detik). Saat melakukan ini, keran air sebaiknya ditutup terlebih dahulu.

Pasalnya, walau memakai sabun dan menggosok tangan saat mencuci tangan hanya memakan waktu beberapa detik, apabila keran air tidak ditutup terlebih dahulu, sama saja Anda membuang air bersih. Apabila Anda menutup keran air ketika mencuci tangan, Anda dapat menghemat air bersih hingga 6 galon per hari.

Hal yang sama juga berlaku saat mencuci piring. Pastikan bahwa Anda menutup keran air ketika menggosok piring dengan menggunakan sabun dan spons. Pasalnya, ketika mencuci piring, air yang dihabiskan dapat mencapai 20 galon.

Oleh karena itulah menggunakan air bersih dengan bijak perlu dilakukan oleh semua orang.

  1. Menggunakan Air Cucian Beras untuk Menyiram Tanaman

Jika Anda memiliki tanaman hias di rumah, Anda pasti akan menggunakan air bersih untuk menyiram. Namun, untuk menghemat air bersih, Anda disarankan untuk menggunakan air bekas cucian beras atau bekas cucian bahan makanan untuk menyiram tanaman. Dengan begitu, Anda dapat menyisihkan air bersih untuk dikonsumsi sendiri.

  1. Gunakan Air Secukupnya Saat Memasak

Ketika memasak, Anda juga dapat menghemat air bersih, yaitu dengan cara mencuci buah dan sayur di dalam panci yang berisi air. Daripada menggunakan air mengalir, mencuci bahan makanan dengan cara ini kemudian membilasnya lebih menghemat air.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk menggunakan air secukupnya ketika memasak atau merebus makanan. Selain dapat menghemat air, menggunakan air secukupnya untuk menutupi makanan saat merebus juga dapat menjaga nutrisi serta rasa bahan makanan yang bersangkutan.

  1. Mandi dengan Menggunakan Pancuran

Menghemat air bersih juga dapat dilakukan ketika mandi. Saat mandi, air bersih yang digunakan dapat mencapai 30 galon air. Namun, dengan menggunakan pancuran atau shower, air bersih yang digunakan saat mandi bisa lebih dihemat, yaitu antara 10 – 25 galon. Oleh karena itulah mandi dengan menggunakan pancuran lebih disarankan.

Setelah mengetahui tentang keterbatasan air bersih dan apa saja yang dapat dilakukan untuk menghemat air bersih di atas, Anda pun akan dapat melakukan hal-hal tersebut.

Dengan keterbatasan air bersih dan tingkat pencemaran yang semakin tinggi, Anda disarankan untuk menggunakan Filter air bandung untuk mendapatkan air yang benar-benar bersih untuk dikonsumsi.

Dengan menggunakan Filter air bandung, air keran maupun air PAM yang Anda konsumsi akan terbebas dari bahan-bahan pencemar yang berbahaya bagi tubuh seperti residu pupuk, pestisida, dan sebagainya.