Normalkah Bayi Sering Kaget Saat Tidur? Ketahui Penyebab Bayi Kaget Saat Tidur Pulas

Apakah dari Anda sebagai orang tua pernah melihat si kecil yang kaget saat tertidur? . Kejadian tersebut disebut juga reflek moro dimana reaksi tersebut sudah ada sejak usia bayi dan dianggap sebagai reaksi yang wajar dan normal terjadi pada bayi. Yuk, ketahui apa saja penyebab bayi kaget saat tidur pulas. Simak beberapa informasinya di bawah ini!

Inilah Beberapa Penyebab Kaget Saat Bayi Tidur

  1. Suara yang Kencang

Kondisi bayi yang sedang tidur terlelap dan mengalami reflek moro atau kaget juga disebabkan adanya dentuman atau suara yang keras yang menimbulkan sensor bunyi. Secara lansung bayi akan terkejut ketika mendengar melalui sensor motorik indera pendengaran. Meskipun sedang tidur, tapi suara tersebut mampu membuat ia bergerak atau menunjukkan respon kaget.

  1. Cahaya Terlalu Terang

Penyebab lainnya yang bisa menimbulkan bayi mengalami kaget atau reaksi tersebut adalah adanya cahaya yang terlalu terang yang datang tiba-tiba mendekat kea rah sang bayi. Secara langsung, bayi mulai bisa merespon melalui indera penglihatan dan mulai beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

  1. Adanya Transisi Saat Memindahkan Bayi dari Gendongan

Reflek kaget juga dialami oleh bayi jika sedang mengalami transisi dimana orang tua akan meletakkannya di ranjang. Secara langsung bayi akan merespon dengan gerakan meski saat sedang tidur pulas. Untuk itu, sebaiknya lakukan transisi tersebut dengan gerakan yang lembut dan pelan untuk mencegah si kecil merasakan gerakan yang bisa mengakibatkan kaget.

Itulah beberapa hal yang wajib diketahui oleh para orang tua khususya bagi mereka yang baru saja menjadi orang tua. Reflek kaget yang ditimbulkan saat bayi tidur tersebut masih dalam batasan normal. Namun jika hal tersebut berkelanjutan hingga usia anak 7 bulan, segeralah konsultasi dengan dokter. Semoga sedikit informasi di atas bermanfaat bagi para orang tua.