Pahami Tujuan Mencuci Tangan

Mencuci tangan masih di abaikan oleh banyak orang. Terutama ketika sebelum makan kadang terlupa atau hanya mencuci tangan asal basah saja.

Namun hal itu berarti telah membiarkan bibit penyakit berkembang pada tangan. Kita tidak akan tahu seberapa banyak bakteri, kuman dan virus yang menempel. Lalu kita asal menggunakan tangan untuk langsung makan atau malah kebiasaan cuci tangan yang buruk.

Apa tujuan dari cuci tangan?

Ada tujuan baik dari rajin mencuci tangan dengan sabun dan air bersih yaitu :

Melindungi dari berbagai infeksi penyakit

Karena tangan bagian paling rentan untuk terkena mikroorganisme penyebab penyakit.

Telah dibuktikan pada tahun 2008 lalu, dari penelitian University Colorado rata-rata terdapat bakteri sebanyak 4.700 bakteri. Aduh tidak terbayang kan seberapa banyak kuman pembawa penyakit.

Kadang setiap orang suka menyentuh mulut, hidung dan mata dalam kondisi tangan yang belum di cuci.

Dari tujuan mencuci tangan secara sering baik sebelum dan sesudah melakukan aktivitas akan membunuh bibit penyakit seperti flu, batuk, diare infeksi saluran pernapasan dan kulit.

Mencegah penularan penyakit

Tangan yang tidak bersih akan menjadi penyebab dari tersebar nya penyakit menular dari orang ke orang lain. Proses penularan dari melalui benda yang sering dijamah orang-orang.  Atau bisa ketika berjabat tangan.

Misalnya pada gagang pintu tangan, dapat secara langsung melakukan perpindahan bakteri dan kuman. Tentunya kamu tidak mau kan terkena penyakit, padahal kamu sehat-sehat saja.

Maka dari itu lakukan cuci tangan dengan baik menggunakan sabun supaya dapat mengurangi bakteri penyakit.

Dua tujuan cuci tangan menurut WHO. Semoga dapat menyadarkan kamu dan kita semua bahwa pentingnya cuci tangan dengan baik menggunakan sabun.