Pantai Teluk Penyu

Teluk penyu merupakan kawasan pantai yang terletak di selatan Kabupate Cilacap.Menghadap langsung dengan Samudera Hindia membuat pantai teluk penyu memiliki ombak yang besar.Nama teluk penyu sendiri disematakan bukanlah sembaranagn. Pada jaman dahulu, pantai ini menjadi habitat untuk berkembang biak dan tumbuh para penyu.

Namun, lambat laun banyak penyu yang tidak bisa bertahan hidup akubat tangan-tangan jahil yang merusak ekosistem.Sehingga, jinni di objek wisata ini tidak banyak di jumpai penyu.Di pantai ini, Anda juga dapat melihat kapal tanker minyak yang berlalu lalang di antara kapal nelayan.Andanya kapal tanker ini tidak dapat dilepaskan dari keberadaan kilang minyak di cilacap.

Untuk menyaksikan dan menikmati keunikan lain di pantai ini, Anda bisa datang pada tanggal 1 syura. Sebab, pada tanggal tersebut, masyarakat sekitar mengadakan ritual sedekah laut.Ritual ini dilakukan sebagai wujud rasa syukur kepada tuhan karena telah memberi reseki dan pelindungan kepada masayarat sekitar.Ritual ini dimulai dengan menghanyutkan kepala kerbau dan sesaji ke tengah laut.

Setelah dihanyutkan, para nelayan yang mengikuti ritual akan membasuk wajah dengan air laut dan diakhiri dengan kembalinya para nelayan ke tepi pantai dan melanjutkan aktivitasnya. Terdapat fasilitas-fasilitas yang tersdia dan terawatt baik yang dapat Anda gunakan disini. Mulai dari akses jalan yang baik hingga spot foto yang menjadi daya tarik wisatawan lain.