Pembuatan Jembatan Bromo Banjarmasin

Jembatan Bromo Banjarmasin merupakan jembatan yang menghubungkan antara Pulau Bromo dan Mantuil. Jembatan ini merupakan hembatan gantung pertama di wilayah kota Banjarmasin. Keinginan masyarakat antasan Beomo atau pulau Bromo ingin memiliki jembatan ini sudah cukup lama yaitu hampir 20 tahun. Namun, karena sulitnya medan pembuatan jembatan membuatnya sulit terealisasi.

Dilihat dari sisi biaya, tentunya jembatan Bromo Banjarmasin, dana yang keluar dalam pembuatan jembatan ini hingga mencapai 40 miliar. Namun, jika dilihat dari sisi kegunaan, tentunya jembatan ini lebih efisien dibandingkan kapal fery atau perahu jukung. Sebab, jika menggunakan jalur jembatan, Anda tidak perlu menyeberang pulau dengan kapal-kapal tersebut.Sangat efektif dan efiesien bukan?

Sementara itu, secara administratif, Pulau Bromo adalah salah satu pulau di Wilayah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Pulau ini dihuni 1250 jiwa dari 750 kk yang dapat diapit antara sungai Martapura dan Sungai Barito. Selain itu, pulau ini juga memiliki 4 RT di kawasan Mantuil. Untuk profesi setiap warga pulau Bromo sendiri lebih banyak sebagai petani dan buruh bangunan.

Selain untuk kenyamanan penduduk pulau Bromo, pembuatan jembatan Bromo Banjarmasin ini juga diharapkan dapat menjadi kunci kemajuan wisata yang ada di Pulau Bromo itu sendiri. Mulai dari wisata agro, wisata sungai dan wisata kampung asri Banjar. Itulah informasi yang bisa kami sampaikan tentang jembatan Bromo yang ada di kota Banjarmasin.