Pengenalan Control Panel Hosting Untuk Pemula

Bagi Anda yang sudah terjun ke dunia web, pastinya tidak asing lagi dengan istilah Control Panel. Bukan hanya itu saja, bahkan istilah seperti ini bisa dibilang sudah sangat familiar. So, Anda yang baru belajar juga pastinya pernah mendengar control panel hosting, bukan?

Perlu diketahui, mengenai control panel hosting didalamnya terdapat beberapa bagian. Nah! Bagian-bagian tersebut juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Belum lagi dikabarkan tampilannya yang sederhana. Untuk tahu lebih lanjut, baca artikel ini sampai selesai.

Pengertian Control Panel Hosting

Sebelum melirik ke pembahasan yang lebih lanjut, ada baiknya Anda tahu lebih dulu apa itu control panel hosting. Jadi, control panel hosting merupakan sebuah program atau perangkat lunak yang deprogram untuk berbagai keperluan operasional web hosting.

Kehadiran control panel hosting sebenarnya dapat memudahkan Anda dalam berbagai pekerjaan di bidang hosting. Bukan hanya itu saja, kemungkinan terbesarnya juga bisa memantau segala aktivitas yang terjadi di dalam web hosting.

Apa Kegunaan Control Panel Hosting?

Merupakan sebuah pertanyaan besar yang biasa dipikirkan oleh kebanyakan orang. Kira-kira apa sih fungsi dari control panel hosting? Memang sudah disebutkan di atas kalau fungsinya adalah untuk memudahkan pekerjaan para pengguna web. Namun, ternyata ada lagi, lho!

Melakukan Pemindahan Data dengan Mudah

Salah satu fungsi yang bisa didapatkan dari penggunaan control panel hosting adalah untuk melakukan pemindahan domain dengan mudah. Pemindahan domain biasanya dilakukan guna pindah layanan ke layanan yang lebih baik atau ketika mengganti nama domain.

Melakukan Install Aplikasi

Penggunaan control panel hosting bukan hanya untuk memindahkan data saja, melainkan juga sangat berguna untuk melakukan install aplikasi di computer. Selain itu, bisa juga digunakan untuk menambah gadget serta sejumlah program windows lainnya.

Pengelolaan Alamat Email

Terkadang mengelola alamat email juga sangat dibutuhkan. Bahkan sangat berkaitan dengan control panel hosting. Tujuannya adalah untuk menambahkan akun email, melakukan konfigurasi email terhadap klien atau bahkan akses email dengan browser.

Mengecek Pengunjung Web

Jika kita punya web sering kali ingin tahu siapa saja pengunjungnya. Guna melihat seberapa banyak pengunjung web kita, biasanya penggunaan control panel hosting sangat berperan penting.

Melakukan Back-up Data

Kalau fungsi yang satu ini sebenarnya sangat berkaitan dengan penyimpnan dan sejumlah database. Bukan hanya itu saja, keamanan dalam control panel hosting menyerupai backup data juga sangat dibutuhkan.

Mengontrol Performa Server

Tak menutup kemungkinan suatu saat nanti akan terjadi kendala sinyal saat menggunakan control panel hosting. Hal seperti ini pasti akan menyebabkan kendala. Maka dari itu, guna memonitor server, poin ini sangat penting fungsinya.

Adapun menetapkan beberapa preferensi internet juga biasa dilakukan dalam penggunaan control panel hosting. Fungsi lainnya yang bisa dijumpai pada poin ini seperti melakukan berbagai konfigurasi jaringan internet.

Nah! Itulah beberapa fungsi yang bisa Anda temui dalam penggunaan control panel hosting. Tak heran kenapa para pengguna website sangat ramai mencari tahu apa manfaat dari fitur yang satu ini, bukan? Lantas, apakah kamu salah satu pengguna website yang juga belum memahami fungsi dari control panel ini?

Jika benar demikian, syukurlah sebab informasi ini kami buat untuk memperkenalkan fitur control panel pada sebuah hosting. Sebenarnya masih banyak fungsi-fungsi lainnya yang harus kamu pahami. Namun, poin utamanya adalah yang kami sebutkan di atas.

Jika kamu butuh rekomendasi hosting terbaik untuk membuat website, kami sarankan kamu menggunakan layanan Cloud Hosting Indonesia. Selain harga terjangkau, performa jenis hosting ini saat ini adalah yang terbaik.