Pengertian Teks Prosedur

Kalau kita belajar mengenai bahasa Indonesia pasti akan ditemui yang namanya teks prosedur. Kalau menurut KKBI, teks prosedur merupakan tulisan yang menjelaskan sesuatu secara procedural langkah demi langkah.

Menurut Ismail Masya

Ismail Masya (1994) mengungkapkan teks prosedur merupakan teks yang menjelaskan rangkaian rugas-tugas yang saling berhubungan dalam urutan-urutan menurut waktu dan tata cara tertentu dalam melaksanakan suatu pekerjaan berulang.

Menurut Muhammad Ali (2000)

Muhammad Ali mengungkapkan pengertian teks prosedur sebagai sebua h teks yang menjelaskan bagaimana cara kerja atau cara menjalankan suatu pekerjaan tertentu.

Menurut Ida Nuraida

Teks prosedur juga diungkapkan oleh Ida Nuraida pada tahun 2008, mengungkapkan bahwa urutan langkah-langkah di mana pekerjaan tersebut dilakukan, berhubungan dengan apa yang dilakukan, serta bagaimana cara melakukannya.

Adapun pengertian ini juga merujuk pada bilamana tugas tersebut dilakukan serta siapa orang yang melakukannya.

Menurut Mulyadi

Kalau menurut Mulyadi, pengertian teks prosedur merupakan teks yang mampu menjelaskan suatu kegiatan klerikal, di mana biasanya akan melibatkan sejumlah orang dalam suatu departemen atau lebih.

Tak hanya itu, teks procedural di sini juga dibuat guna menjamin penanganan seragam transaksi suatu perusahaan.

Adapun teks procedural juga memiliki ciri-ciri yang bisa dikenali. Seperti halnya berisikan langkah-langkah, disusun secara informative, disusun secara rinci, bersifat objektif, berkelanjutan, ada syarat dan pilihan, universal, dan actual.