Penyebab Mesin Mobil Bergetar

Mobil yang bergetar saat dihidupkan sebenarnya adalah hal yang wajar saja terjadi. Getaran ini disebabkan karena gerakan mesin saat pertama kali dioperasikan. Gerakan pada mesin inilah yang akan turut memberikan efek getar pada mobil secara keseluruhan. Selain getaran, mungkin saja Anda juga akan mendengar bunyi tertentu pada saat mobil dinyalakan.

Namun, ada kalanya getaran yang terjadi terasa tidak cukup wajar hingga terasa sampai ke dalam kabin dan membuat tidak nyaman. Misalnya, getaran pada saat starter awal terlalu kencang dan bunyinya terlalu kasar, getaran saat rpm rendah, atau getaran terjadi saat mobil belum dijalankan. Saat-saat seperti inilah, Anda patut waspada. Sebab, getaran ini bisa jadi pertanda mesin mobil Anda mengalami masalah.

Jika kondisi ini terjadi, maka Anda harus segera melakukan pemeriksaan mobil ke bengkel atau jika Anda kursus mekanik mobil, Anda bisa melakukan pemeriksaan mandiri. Mungkin saja terdapat komponen yang rusak dan perlu perbaikan segera. Sebelum lebih dalam, ketahuilah terlebih dahulu beberapa penyebab mesin mobil bergetar berikut ini.

  1. Masalah Pada Busi

Busi merupakan komponen kecil yang keberadaannya sangat penting bagi kinerja mobil. Busi yang kecil ini bisa menjadi sumber masalah mesin mobil yang bergetar tidak wajar. Bisa jadi, salah satu busi pada mobil mati, sehingga mesin berjalan “pincang”. Mesin yang pincang inilah akan menimbulkan getaran. Solusinya, segeralah mengganti busi yang rusak atau mati dengan busi baru dan rutin membersih busi.

  1. Kesalahan Setelan Mesin

Kesalahan pada setelan mesin juga bisa menyebabkan mobil bergetar. Hal ini mungkin saja terjadi karena “human error”. Misalnya, pada saat Anda melakukan servis mobil sendiri atau dengan teknisi, terjadi kesalahan pada proses pengembalian setelan mesin. Bisa jadi mesin belum terpasang sempurna pada engine mounting. Akibatnya, getaran pada mesin tidak dapat diredam dengan sempurna.

  1. Gangguan Pada Engine Mount

Mesin memang pasti bergetar saat mobil dioperasikan. Karenanya, terdapat sistem “penahan” yang dikerjakan oleh salah satu komponen mobil bernama engine mount. Jika Anda mengalami masalah getaran pada mobil, bisa jadi karena kekuatan cengkram dari engine mount mengalami penurunan. Akibatnya, mesin akan bergeser yang kemudian menimbulkan getaran. Segeralah perbaiki bagian ini.

  1. Kampas Rem Menipis

Kampas rem yang sudah menipis bisa menyebabkan rem tidak pakem. Akibatnya, mobil akan mengalami getaran pada saat direm, terutama saat mobil sedang melaju kencang dan mendadak direm. Kampas rem yang menipis juga bisa menjadi penyebab dari permasalahan lainnya pada mobil. Untuk itu, penting memeriksa dan mengganti kampas rem secara rutin sesuai spesifikasi mobil Anda.

  1. Kampas Kopling Habis

Kampas kopling yang akan habis atau menipis, bisa menyebabkan permukaan flywheel menjadi tidak rata. Hal ini menjadi penyebab mesin bergetar. Tidak ada pilihan lain, Anda harus segera membawa mobil ke bengkel agar dilakukan pengukuran tingkat ketidakrataan flywheel. Jika sudah benar-benar parah, maka lakukanlah penggantian kampas kopling. Sebaiknya, rutin lakukan penggantian.

Itulah beberapa penyebab mesin mobil bergetar yang perlu jadi kecurigaan Anda. Masalah ini sebetulnya bisa dihindari, jika Anda rutin melakukan perawatan mobil secara berkala sesuai waktunya. Melakukan perawatan mobil bisa menjadi salah satu cara agar mesin mobi lebih awet dan tahan lama. Karenanya, lakukan perawatan di waktu yang sudah ditentukan agar tidak terjadi masalah yang demikian.