You are currently viewing Mengenal 5 Perbedaan Jasa Kirim Cargo Dan Regular, Anda Wajib Tahu!

Mengenal 5 Perbedaan Jasa Kirim Cargo Dan Regular, Anda Wajib Tahu!

  • Post author:
  • Post category:Umum

Pengiriman barang memang menjadi salah satu bisnis yang masih banyak diminati oleh sebagian orang. Sebab, di jaman yang memiliki mobilitas tinggi ini, anda pun bisa mengirimkan barang dengan lebih mudah dan cepat dengan adanya jasa pengiriman barang. Namun, bagi anda yang masih bingung antara perbedaan jasa kirim cargo dan regular, berikut simak selengkapnya.

Apa Saja yang Membedakan Jasa Kirim Regular dan Cargo?

  1. Estimasi Waktu Pengiriman

Sebelum membahas tentang banyak perbedaan lain antara jasa kirim regular dan cargo, salah satu hal yang membedakan adalah estimasi waktu pengiriman. Hal ini dikarenakan apabila anda mengirimkan barang yang berat seperti furniture ke luar kota yang memiliki jarak ribuan kilometer dalam waktu yang cepat yakni 1 hingga 2 hari tiba, tentu saja hal tersebut akan ditolak oleh jasa ekspedisi mana saja.

Terutama, jika anda menggunakan jasa pengiriman cargo. Sebab, hal ini dikarenakan cargo umumnya akan menggunakan armada seperti truk dan kapal untuk barang yang memiliki ukuran besar. Namun, tidak menutup kemungkinan jika menggunakan cargo jalur udara. Akan tetapi, tentu saja anda pun akan dipatok dengan tarif yang sangat tinggi.

Sehingga, untuk estimasi waktu pengiriman barang dengan menggunakan jasa cargo, umumnya akan membutuhkan waktu yakni sekitar 4 hingga 15 hari untuk barang tersebut bisa sampai ke tempat tujuan. Hal ini juga tergantung dari destinasi tempat pengiriman yang anda inginkan. Semakin jauh tentu saja waktu sampainya juga akan semakin lama.

Terlebih lagi, jika jasa pengiriman tersebut menggunakan armada kapal, tentunya akan memiliki waktu tersendiri. Salah satunya yakni memiliki jadwal 2 kali selama seminggu. Oleh karena itu, jika anda mengirimkan barang dengan ukuran yang berat, maka anda pun jangan menuntut waktu pengiriman yang cepat.

Hal ini akan berbeda jika anda menggunakan jasa regular. Jasa pengiriman regular sendiri, umumnya akan mengirimkan barang dengan ukuran yang kecil. Sehingga bisa cepat sampai atau dikirimkan pada waktu jam kerja. Hal ini lantaran kebanyakan ekspedisi akan menggunakan pesawat terbang di dalam mendistribusikan barang kirimannya.

Oleh karena itu, ketika anda ingin mengirimkan barang dengan ukuran yang kecil, maka sebaiknya menggunakan jasa pengiriman regular saja. Hal ini dikarenakan waktu pengiriman dari jasa satu ini akan lebih singkat dan cepat sampai ke penerima, dibandingkan dengan menggunakan jasa cargo.

  1. Kantor Cabang

Selain itu, hal lain yang menjadi perbedaan jasa kirim cargo dan regular adalah kantor cabang. Seperti yang anda tahu, jasa pengiriman regular akan lebih mudah anda temukan dimana mana karena memiliki cabang yang tersebar di berbagai daerah. Bahkan anda pun bisa menemukannya di kota kota kecil.

Akan tetapi, jika anda menggunakan jasa pengiriman cargo, tentunya anda tidak bisa menemukannya di kota yang kecil. Melainkan, hanya tersedia di kota kota besar saja dengan jumlah yang tidak banyak. Karena alasan tersebut, maka jasa ekspedisi regular pun sering dipilih untuk mengirimkan barang dengan ukuran yang kecil.

Ditambah lagi, setiap harinya pengiriman barang dengan ukuran yang kecil memang lebih banyak dibandingkan dengan barang yang berukuran besar. Oleh karena itu, jasa ekspedisi regular memang merasa perlu untuk membuka banyak cabang yang tersebar di berbagai daerah.

Dengan adanya kantor cabang tersebut juga memiliki tujuan agar bisa untuk menyimpan barang dan menyalurkannya ke kota kota tujuan dari penerima.  Sedangkan untuk jasa pengiriman cargo, biasanya akan lebih bekerja sama dengan vendor atau yang dikenal pihak ketiga di dalam menghandle barang yang tiba di tempat distribusi untuk dikirim ke kota tujuan.

  1. Jenis Barang yang Dikirimkan

Hal lain yang juga menjadi salah satu perbedaan jasa kirim cargo dan regular adalah jenis barang yang dikirimkan. Umumnya, jika anda menggunakan jasa ekspedisi yang berbentuk cargo, maka biasanya mereka akan menerima barang dalam ukuran yang besar. Hal ini disebabkan, cargo akan menetapkan berat minimal dari barang yang akan dikirimkan.

Contohnya saja adalah pada ekspedisi cargo yang memiliki minimal mengirim barang yakni sekitar 50 kg. selain itu, untuk jenis barang barang yang biasanya dikirimkan antara lain adalah yang memiliki ukuran besar dan berat. Barang barang tersebut antara lain adalah furniture, bahan pokok, bahan industry, mobil, motor dan juga lain sebagainya.

Sementara untuk ekspedisi regular memang rata rata hanya mengirimkan barang barang yang kecil saja. Sebut saja seperti baju, dokumen, make up atau benda benda lain yang memang tidak memiliki ukuran yang besar. Untuk itu, sebelum anda menentukan jasa pengiriman yang tepat, sebaiknya anda juga perlu tahu jenis barang yang ingin untuk anda kirimkan.

  1. Mengetahui Berat Minimal

Setelah itu, ada pula faktor lain yang perlu anda perhatikan sebelum memilih jasa pengiriman secara regular atau cargo. Salah satunya adanya minimal berat. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, jasa pengiriman cargo kerap kali menentukan berapa minimal berat yang harus dikirimkan ketika anda ingin menggunakan jasa tersebut.

Tentu saja hal ini menjadi salah satu syarat ketentuan yang dimiliki oleh jasa pengiriman cargo. Sebab, biasanya jenis pengiriman satu ini tidak hanya mengirimkan barang dengan ukuran yang kecil atau jumlah yang sedikit. Pasalnya, pengirimannya sendiri memang harus menggunakan armada seperti kapal atau jalur darat yang membutuhkan waktu tidak sedikit.

Untuk itu, sebaiknya ketika anda menggunakan jasa cargo, kenali dulu barang yang ingin anda kirim. Umumnya, untuk cargo sendiri akan menetapkan minimal berat yang harus dikirimkan antara lain adalah sekitar 50 kg hingga 100 kg. sehingga, bagi anda yang memang berencana mengirimkan barang kurang dari ukuran tersebut, lebih baik memilih jasa pengiriman regular.

Hal ini dikarenakan jasa pengiriman regular akan menerima seringan apapun berat yang ingin untuk anda kirimkan. Dan untuk penghitungannya biayanya sendiri yakni dikalikan dengan tarif per kilogramnya. Sehingga, perbedaan yang mungkin terlihat dari jasa pengiriman cargo dan regular adalah dari minimal beratnya.

  1. Tarif yang Dikeluarkan

Selain itu, ada pula perbedaan jasa kirim cargo dan regular berikutnya, diantaranya adalah tarif yang dikeluarkan. Jika berbicara soal tarif, tentu saja akan menjadi sesuatu yang penting bagi konsumen. Sebab, sebelum anda mengirimkan barang, tentunya harus tahu terlebih dahulu harga yang dibayarkan ketika ingin mengirim barang.

Dapat dikatakan jika tarif menjadi hal krusial bagi konsumen. Sebab, semua orang pastinya akan mencari dan menginginkan harga yang murah. Oleh karena itu, untuk tarif pengiriman yang lebih murah sendiri antara ekspedisi cargo dan juga regular tentu saja berbeda. Apabila anda melihat dari tarif per kilogramnya, jelas ekspedisi cargo akan memiliki harga yang lebih terjangkau.

Sedangkan untuk ekspedisi yang dikirimkan dengan jenis regular akan memiliki tarif yang lebih mahal apabila dihitung per kilogramnya. Namun, anda pun juga perlu tahu bahwa ekspedisi cargo akan menetapkan berat minimal setiap proses pengiriman. Sehingga, meskipun memiliki harga yang lebih murah, anda diharuskan untuk mengirim dalam jumlah yang banyak.

Akan tetapi, jika anda menggunakan ekspedisi regular, maka anda pun tidak perlu untuk memikirkan kondisi tersebut. Sebab, anda bisa mengirimkan barang dengan ukuran yang memang sesuai dengan keinginan atau kondisi barang yang anda kirimkan. Meskipun barang tersebut hanya satu kilogram.

Hal ini menandakan jika anda menggunakan jasa pengiriman secara cargo, maka apabila anda mengirimkan barang yang di bawah ketentuan minimal dari berat ekspedisi cargo tersebut, akan tetap dihitung dengan harga yang minimal. Sedangkan untuk ekspedisi regular sendiri, anda bisa mengirimkan barang dengan berat apapun.

  1. Fasilitas yang Diberikan

Kemudian, perbedaan jasa kirim cargo dan regular selanjutnya adalah terletak pada fasilitas yang diberikan. Hal ini karena untuk pengiriman cargo, umumnya akan memiliki layanan packing untuk barang yang memiliki penanganan khusus. Sebab, barang yang dikirimkan memang dalam ukuran yang besar atau lumayan berat.

Hal ini tentu saja tidak akan berlaku apabila anda menggunakan jasa pengiriman paket secara regular. Sebab, paket yang dikirimkan dengan regular ini akan memiliki berat yang cenderung kecil. Bahkan ada yang kurang dari 1 kilogram, sehingga biasanya seller atau penjual dan pengirim akan melakukan packing sendiri.

Selanjutnya, perbedaan lain masih dari segi fasilitas pengantaran. Kebanyakan ketika anda menggunakan jasa cargo akan diantarkan pada stasiun, terminal, bandara, agen maupun kantor cabang yang ada di kota penerima. Akan tetapi, jika anda menggunakan paket regular, maka seluruh paket akan diantarkan secara langsung ke alamat penerima, seperti kantor maupun rumah.

  1. Dari Segi Packing

Seperti yang telah disinggung pada poin sebelumnya, jika anda melihat dari segi packing tentu saja akan terdapat perbedaan dari jasa pengiriman cargo maupun regular. Dalam pengemasan paket ini tentu saja akan memiliki pengaruh yang besar di dalam proses pengiriman barang hingga sampai ke tangan penerima.

Untuk paket yang dikirimkan dengan menggunakan jasa regular, umumnya akan menggunakan bahan berupa paperbag, plastic, bubble wrap atau hanya sekedar kardus kecil dalam pengemasannya. Sebab, barang yang dikirimkan pun memang memiliki ukuran yang cenderung kecil sehingga cukup aman dengan pengemasan tersebut.

Sedangkan untuk paket yang dikirimkan dengan menggunakan jasa cargo, maka anda pun pastinya perlu untuk melakukan packing yang maksimal. Sehingga nantinya barang yang sampai akan lebih aman. Contoh pengiriman barang menggunakan cargo, umumnya akan di packing dengan karung, plastic ukuran besar, kayu hingga kardus yang berfungsi untuk melindungi barang yang dikirim tersebut.

Hal tersebut memang sesuatu yang wajar dalam pengiriman cargo. Sebab, anda pun memang akan mengirimkan barang dalam jumlah yang besar dan banyak. Sehingga membutuhkan tempat yang besar dan aman. Terutama, ketika anda mengirim barang dalam bentuk cairan. Anda pastinya perlu melabeli packing tersebut dengan tulisan fragile atau mudah pecah sehingga akan mendapatkan perlakukan lebih aman.

Beberapa poin yang telah disebutkan diatas memang menjadi faktor penentu, bagi anda yang masih bingung mengirimkan barang melalui jasa cargo jakarta maupun regular. Untuk itu, anda pun bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan berat barang yang anda kirimkan. Apabila anda mengirim barang dengan ukuran yang besar, lebih baik memang memakai jasa pengiriman cargo.