Manfaat Mengikuti Pesantren Kilat

Pernahkah Anda mengikuti pesantren kilat? Pesantren kilat adalah kegiatan yang kerap dilakukan oleh sekolah di bulan Ramadhan. Kegiatan ini dapat meningkatkan keimanan, buti pekerti dan ketaqwaan seseorang. Dalam menjalankan pesantren kilat, ada beberapa nilai yang dapat Anda petik dari kehidupan pesantren kilat. Berikut nilai-nilai yang diperoleh dari pesantren kilat:

  1. Peningkatan pengalaman, praktik dan penghayatan di dalam kehidupan

  2. Adanya suasana kekeluargaan dan kekerabatan

  3. Adanya suasana kesederhaan dan kebersamaan

Manfaat yang Diperoleh Ketika Mengikui Pesantren Kilat

Ketika Anda mengikuti kegiatan pesantren kilat, Anda akan memperoleh ilmu agama yang jauh lebih dalam. Pemahaman akan agama Islam akan diajarkan selama mengikuti pesantren kilat. Materi yang biasanya diberikan kepada santri ketika mengikuti pesantren kilat di https://hasana.id/ adalah praktik tayamum, shalat. wudhu, azan, membaca doa Al Quran, hafalan surat pendek, pengetahuan mengenai agama Islam dan mendengarkan ceramah. Di bawah ini merupakan manfaat lainnya yang Anda peroleh ketika mengikuti pesantren kilat:

  1. Mempererat tali silaturahmi

Selama mengikuti pesantren kilat, Anda secara tidak langsung akan bertemu dengan banyak orang. Mereka saling bertemu dan dapat menjalin hubungan yang lebih baik sehingga tali silaturahmi dapat dibentuk dengan sendirinya. Tidak hanya dengan teman dari sekolah yang sama, silaturahmi dapat dibangun dengan santri lainnya yang berasal dari sekolah yang berbeda.

  1. Menanam kemandirian

Penyelenggara pesantren mempersiapkan materi yang nantinya akan diajarkan selama kegiatan pesantren berlangsung. Materi yang berkaitan dengan kegiatan sosial dan psikologi merupakan jenis materi yang dapat Anda temukan selama berada dalam kegiatan pesantren kilat. Dari materi inilah, para santri nantinya akan lebih mendiri dalam menjalani kehidupan.

  1. Fasih membaca Al Quran

Pesantren kilat mengharuskan peserta untuk membaca Al Quran. Kegiatan yang dilakukan secara terus menerus ini membuat santri dapat dengan lancar membaca Al Quran. Mereka bahkan tidak akan merasa malu lagi jika harus membacanya di hadapan dengan orang banyak. Santri akan menyetor hafalan kepada guru pembimbing sehingga kesalahan dalam membaca dapat diperbaiki.

  1. Memperoleh penilaian dari guru

Selama Anda menjalankan pesantren kilat, pihak penyelenggara nantinya akan memberikan penilaian secara khusus. Penilaian ini dianggap sangat penting karena menunjukkan bahwa Anda telah menjalankan kegiatan keagamaan di luar kegiatan sekolah. Pesantren kilat dapat pula memberikan nilai tambah pada mata pelajaran PAI atau Pendidikan Agama Islam.

Pesantren Kilat Online

Jika dahulunya pesantren kilat dilakukan secara langsung, kini kegiatan tersebut dapat dilakukan secara online. Hal tersebut terjadi akibat maraknya korban virus Covid yang terus mengalami peningkatan. Untuk melakukan pembatasan  sosial, pesantren kilat online akhirnya diselenggarakan. Tidak hanya kegiatannya yang dilakukan secara online, kemitraan dengan agen peci kopiah songkok juga dilakukan secara online. Dalam menerapkan pesantren online, penyelenggara memanfaatkan aplikasi video conference. Dengan aplikasi tersebut, para santri dapat bertatap muka secara online.

Materi yang disiapkan oleh pihak penyelenggara dilakukan melalui aplikasi yang telah ditentukan. Untuk mendapatkan manfaat dari kegiatan ini, para santri diharapkan dengan serius mengikuti pembelajaran. Santri nantinya dapat mengetahui isi materi yang disampaikan jika menjalankan kegiatan pesantren kilat dengan baik. Guna memudahkan penerimaan materi, para santri harus memiliki jaringan internet yang stabil. Di dunia maya sendiri ada banyak yang menawarkan kegiatan pesantren kilat online. Anda hanya perlu memilih kegiatan yang dirasa tepat untuk diikuti.