Sangat Mudah, Berikut Cara Tanam Rumput Odot di Ladang

Rumput odot biasanya akan anda temukan di daerah pegunungan atau pedesaan untuk kebutuhan ternak. Biasanya tanaman ini pakai oleh masyarakat dalam rangka untuk kebutuhan tanaman ternak. Terutama bagi sapi dan kerbau. Lalu bagaimana tanaman ini bisa tumbuh? Berit cara tanam rumput odot dengan sangat mudah.

Tatacara untuk Tanam Rumput Odot di Ladang

  1. Dimulai dengan Pembibitan

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan pembibitan. Bibit dalam tanaman rumput odot ini biasanya memiliki panjang kurang lebih sekitar 15 hingga 25 cm dan dibenamkan dalam lahan yang sangat luas. sebelum pada akhirnya di tanam, area tersebut sebaiknya anda pupuk terlebih dahulu menggunakan kompos serta memiliki wilayah yang terpapar matahari secara langsung.

  1. Pola Tanam

Asal anda tahu, pola tanam yang digunakan untuk odot ini menggunakan mono kultur atau dalam lahan yang ditanam rumput saja. akan tetapi untuk rumput odot ini bisa ditanam sebagai salah satu tanaman sela yang sudah dikombinasikan dengan tumbuhan hijau lainnya. Kerennya tanaman ini sangat berguna untuk mengatasi erosi.

  1. Cara Penanaman

Cara untuk penanaman diawali dengan dengan membersihkan media tanam yang tadi disebutkan diatas dari berbagai gulma dan tumbuhan pengganggu lainnya. Jangan lupa buatlah bedengan dengan lebar sekitar 60 hingga 80 cm dengan tinggi kurang lebih sekitar 20 cm. umumnya untuk setiap gundukan akan di tanam rumput minimal 2 hingga 3 ruas di dalam tanah.

Kesimpulan yang bisa diambil dari penjelasan diatas yaitu tata cara untuk menanam rumput Odot bisa dimulai dengan pembibitan, lalu memahami pola tanam, dan terakhir cara penanaman. Biasanya tanaman ini digunakan untuk kebutuhan tanam ternak, misalnya kerbau dan sapi.