Tips Membeli Sepeda Gunung

Apakah Anda menyukai kegiatan bersepeda? Apakah Anda merasa tertantang untuk bersepeda di jalan dengan medan yang sulit? Jika jawabannya adalah iya, maka sepeda gunung atau mountain bike adalah pilihan yang tepat. Sepeda jenis ini memang diciptakan untuk melewati jalan dnegan medan yang sulit seperti jalan yang berlubang, tidak rata, maupun berlumpur.

Jika Anda sedang mencari mountain bike untuk keperluan hobi bersepeda Anda, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba sebagai panduan dalam memilih mountain bike.

5 Tips Memilih Mountain Bike

  1. Pilih dari merk-nya

Memilih sepeda gunung dari merk-nya merupakan salah satu langkah awal untuk menyortir mountain bike. Dengan memilih sepeda dari merk-nya, maka Anda akan semakin mudah untuk memilih mountain bike. Ada banyak sekali merk mountain bike yang bisa Anda pilih. Mulai dari merk lokal hingga merk internasional.

Tentu saja merk-merk tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Harganya pun juga bervariasi. Sesuaikan dengan kebutuhan dan dana Anda. Dengan memilih mountain bike dari merk-nya, maka Anda bisa mulai mencari mountain bike dari tipe-tipenya

  1. Ukuran frame

Karena Anda hendak menggunakan mountain bike untuk bersepeda di jalan yang medannya tidak mulus, maka Anda harus memilih mountain bike dari ukuran frame-nya. Ada banyak pesepeda yang cukup menyepelekan bagian ini, padahal memilih ukuran frame itu sangat penting. Tinggi badan Anda akan memengaruhi ukuran frame yang akan Anda gunakan.

Jika Anda tidak bertubuh tinggi, misalnya di bawah 170 cm, maka Anda wajib memilih ukuran S untuk frame-nya. Jika Anda mempunyai tinggi badan mulai dari 171 hingga 175 cm, maka pilih ukuran M untuk frame-nya. Sedangkan jika tinggi Anda di atas 175 cm, maka ukuran L akan cocok sebagai frame dari mountain bike Anda.

Namun ada juga orang yang menggunakan frame yang lebih kecil dari ukuran yang seharunya. Ada sebagian orang yang merasa lebih nyaman jika menggunakan frame dengan ukuran lebih kecil. Tapi hal ini akan berbeda jika Anda memilih frame yang ukurannya lebih besar, maka Anda akan merasa tidak nyaman. Hal ini juga berbahaya karena kaki Anda tidak bisa menapak di tanah.

  1. Jenis Frame

Bahan yang sering digunakan untuk frame dari mountain bike adalah aluminium alloy atau alloy. Jika frame yang menggunakan bahan steel atau besi sudah jarang digunakan. Jika Anda masih menemukan frame yang menggunakan bahan besi, biasanya harganya akan jauh lebih murah dibandingkan yang menggunakan alloy.

  1. Group set

Group set dari mountain bike terdiri atas bagian pedal, shifter, shifter gigi depan, shifter gigi belakang, dan gear. Bagian ini harus Anda perhatikan demi keamanan dan kenyamana Anda. Apalagi mountain bike sering digunakan untuk jalan yang tidak mulus dan berbahaya. Jika group set-nya tidak berfungsi dengan baik, maka bisa membahayakan nyawa Anda.

  1. Ukuran ban

Ukuran ban juga perlu diperhatikan untuk kenyamanan dan keamanan Anda dalam berkendara. Standar ukuran ban yang biasanya digunakan oleh mountain bike adalah yang mempunyai ukuran 27,5 cm.

Itu dia 5 tips yang bisa Anda gunakan dalam memilih mountain bike untuk keperluan sepeda Anda. Jika Anda sudah menemukan mountain bike yang tepat, maka Anda sudah bisa melakukan hobi bersepeda Anda Bersama rombongan sepeda favorit Anda menuju ke gunung Bersama dengan jasa Cargo Jakarta. Dengan menggunakan jasa Cargo Jakarta, maka kami dapat membawa mountain bike kesayangan Anda denganaman.