Browser Terbaik

โ€”

by

in

 

Internet kini sudah menjadi santapan sehari-hari bagi masyarakat dari berbagai kalangan. Bukan hanya PC, internet kini bisa diakses dengan mudah menggunakan smartphone di mana saja dan kapan saja dibutuhkan. Namun, dalam mengaksesnya, para penggunanya membutuhkan browser yang bertujuan untuk mempermudah penjelajahan ke berbagai informasi yang ada di internet.

Secara sederhana, browser atau peramban diartikan sebagai perangkat lunak (software) yang digunakan untuk membuka halaman website di internet. Saat ini sudah banyak sekali browser yang menawarkan fitur-fitur unggulan guna memenuhi kebutuhan para penggunanya. Di antara banyaknya browser, ada beberapa pilihan terbaik yang paling layak untuk Anda coba.

  1. Google Chrome

Bicara soal browser terbaiktentu saja pertama yang terlintas adalah Google Chrome. Peramban yang satu ini tentu saja sudah banyak yang tahu, karena memang sangat populer digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Bobotnya yang ringan, membuat banyak orang dengan mudah menggunakannya. Bahkan, Chrome bisa digunakan saat jaringan sangat lemah.

Selain dikenal memiliki bobot yang ringan, Google Chrome juga memiliki fitur yang lengkap dan rajin berinovasi, sehingga selalu berhasil memenuhi kebutuhan penggunanya. Tampilannya pun sangat sederhana, sehingga mudah sekali dipelajari dan diingat. Tidak ada warna-warna atau pola rumit yang membuat pandangan mata lelah.

Keunggulan lain dari peramban yang rilis pada tahun 2008 ini, tidak ada iklan yang mengganggu, meski aplikasi ini gratis digunakan. Alih-alih banyak iklan, Google Chrome justru memfasilitasi penggunanya dengan berbagai macam extensions yang beragam, mulai dari games, mesin pencari, shopping, themes, tool productivity, dan masih banyak lagi. Semua ini didukung dengan update yang mudah.

  1. Mozila Firefox

Opsi selanjutnya yang bisa dipilih adalah Mozilla Firefox. Peramban yang mulanya diberi nama Phoenix ini dirancang oleh Mozilla Foundation. Setelah berganti nama menjadi Mozilla Firefox, eksistensinya semakin bertambah, bahkan berhasil meraup sebagian besar pengguna Internet Explorer yang lebih dulu eksis dengan jumlah kurang lebih 500 juta kali unduh.

Mozilla Firefox yang sejak 2019 berganti nama menjadi Firefox Browser juga dibekali dengan jaminan keamanan yang mumpuni selayaknya Google Chrome. Jaminan keamanan ini memungkinkan pengguna dari segala bentuk ancaman, seperti spyware, malware virus, hingga beberapa virus lainnya yang berbahaya bagi data-data pengguna.

Selain itu, Firefox juga termasuk peramban yang bebas iklan. Dengan fitur Mode Turbo, Anda dapat menangkal berbagai iklan ataupun pop-up banner yang mengganggu kegiatan berselancar Anda. Sehingga, Anda bisa dengan bebas dan nyaman menjelajah internet. Firefox juga memiliki beragam jenis Add Ons berupa extension seperti Chrome. Sayangnya, Firefox menghabiskan banyak memori.

  1. Opera Mini

Nama Opera Mini sebagai peramban terbaik, tercepat, dan memiliki bobot ringan ini sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Dari segi fitur, Opera Mini juga tidak kalah lengkap dengan dua peramban sebelumnya. Terdapat berbagai extension yang bisa didapatkan secara gratis pada peramban ini, selayaknya browser unggulan lainnya.

Opera Mini juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang lengkap nan mumpuni. Peramban ini bahkan dapat memunculkan peringatan pada penggunanya, apabila terdapat virus atau malware pada situs yang akan dikunjungi, sebelum benar-benar masuk ke situs tersebut. Fitur ini bukan tambahan, melainkan sudah aktif secara default. Sehingga, peringatan akan muncul secara otomatis.

Keunggulan yang paling menjadi sorotan adalah Opera memiliki fitur VPN gratis yang memungkinkan Anda browsing dengan leluasa ke situs apa saja tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan. Dengan VPN pula, segala data yang Anda akses tidak mudah diretas. Selain populer di kalangan pengguna PC, Opera Mini juga populer di kalangan pengguna smartphone.

  1. Baidu Browser

Peramban yang tidak kalah cepat dari Opera adalah Baidu Browser yang juga cukup populer. Tampilannya pun sederhana dan tidak membuat mata mudah lelah. Tampilan utama Baidu dilengkapi dengan sidebar yang mampu menghubungkan pengguna langsung ke situs yang ditentukan, misalnya Whatsapp Web, Facebook, dan lain sebagainya.

Selain tampilan dan kecepatannya yang diunggulkan, Baidu juga memiliki fitur bawaan yang cukup lengkap. Salah satu fitur unggulannya adalah fitur unduh video dari berbagai situs tanpa aplikasi tambahan, seperti IDM. Setiap kali Anda membuka situs dengan video, Baidu akan secara otomatis menyediakan pilihan unduh. Baidu juga dikenal memiliki sistem keamanan peramban yang mumpuni.

  1. UC Browser

UC Browser juga merupakan peramban yang tidak asing di telinga banyak pengguna gadget. Browser asal Tiongkok kelahiran 2004 ini memiliki misi pengalaman berinternet yang baik dari seluruh dunia. Meski lebih banyak digunakan pada smartphone dibandingkan PC, tetapi UC Browser pada PC juga terbukti mumpuni dengan berbagai keunggulannya.

Dengan UC Browser, mengunduh file apapun dari internet terasa cepat dan mudah. Bahkan, pada saat mengunduh, Anda tidak lagi memerlukan software eksternal untuk mengunduh file besar. Sebab, sebesar apapun data yang akan diunduh tidak akan mempengaruhi kecepatan browsingnya. Tidak heran, jika UC Browser menjadi andalan para gamer dan lebih banyak digunakan pada smartphone.

Selain cepat dan mudah mengunduh berbagai data, UC Browser juga termasuk peramban yang hemat kuota. Aplikasi ini dapat memangkan hingga 90 persen besaran data setiap Anda mengakses sebuah situs. UC Browser juga menawarkan fitur Night Mode yang aman bagi penggunanya berselancar di ruang gelap. Keamanan privasi penggunanya pun terjamin.

  1. Microsoft Edge

Peramban ini mungkin agak asing terdengar bagi sebagian besar orang awam. Pasalnya, Microsoft Edge merupakan peramban default pada Windows 10 yang memang tidak tersedia pada sistem operasi Windows sebelum-sebelumnya. Jadi, memang peramban ini hanya bisa dinikmati oleh para pengguna PC dengan sistem operasi Windows 10, bersamaan dengan browser lainnya, yaitu Internet Explorer.

Sayang sekali Edge belum menjadi browserutama yang dapat dinikmati banyak pengguna Windows. Padahal, peramban yang satu ini berjalan dengan baik pada berbagai aplikasi modern. Edge juga tergolong sebagai peramban yang sangat efisien dan aman. Selain itu, Microsoft Edge memiliki kecepatan browsing yang mumpuni, serta dapat membuat situs rumit lebih nyaman dilihat.

  1. Waterfox

Memang belum banyak yang mengenal peramban yang satu ini. Tapi dari namanya, mungkin akan mengingatkan Anda pada Firefox. Tidak salah, karena memang Waterfox dan Firefox masih berada dalam satu grup yang sama. Serupa dengan pendahulunya, Firefox, Waterfox merupakan salah satu peramban yang cukup meyakinkan, serta aman untuk digunakan.

Peramban yang sudah diunduh oleh kurang lebih 3 juta pengguna ini memiliki kecepatan yang lumayan mumpuni, khususnya bagi kerja-kerja browsing yang ringan. Sayangnya, untuk mencoba peramban yang satu ini, Anda harus menggunakan Windows 64 bit, karena Waterfox hanya compatible pada sistem operasi tersebut.

  1. Maxthon

Maxthon mungkin masih cukup asing di telinga banyak pengguna browser, khususnya bagi para pengguna internet di Indonesia. Browser ini memang lebih banyak digunakan di negara asalnya, Cina. Meski begitu, browser ini sudah digunakan di Indonesia. Kecepatan akses adalah salah satu yang diunggulkan oleh browser ini.

Selain kecepatannya yang unggul, Maxthon juga irit memori dibandingkan dengan peramban populer, seperti Chrome dan Firefox. Maxthon memiliki tampilan yang ramah pengguna dan bisa dijalankan pada berbagai macam sistem operasi, di antaranya Windows, Linux, MacOS, hingga Android. Maxthon juga telah dilengkapi fitur Ad Block untuk menghindarkan Anda dari iklan yang mengganggu.

  1. Avant Browser

Sebagian pengguna PC mungkin ada yang pernah atau sedang menggunakan browser yang satu ini. Keunggulannya ada pada kecepatan berselancarnya yang baik, tetapi juga memiliki bobot yang ringan. Sehingga, sangat mungkin untuk digunakan di mana saja. Jaringan yang kecil, tidak membuat Avant Browser lantas sulit beroperasi.

Meski demikian, untuk memaksimalkan kinerjanya, diperlukan perangkat laptop ataupun PC dengan spesifikasi yang agak di atas standard. Artinya, spesifikasi laptop yang sangat baik dan lengkap akan membuat kinerja Avant Browser lebih maksimal lagi. Anda tidak akan menyesal jika mengunduh browser yang satu ini.

  1. Tor Browser

Dibandingkan mengimingi-imingi kecepatan berselancar, Tor Browser justru mengunggulkan produknya pada aspek privasi pengguna. Lalu lintas data pengguna Tor Browser akan dialihkan melalui simpul acak di seluruh dunia, sehingga akan sangat sulit terlacak. Penggunanya akan sulit terlacak, bahkan data penelurusan pun tidak aka nada yang disimpan.

Selain itu, Anda juga mungkin tidak akan menemukan Bookmark dan Cookie pada browser yang satu ini. Dengan demikian, identitas Anda akan aman dan tidak mungkin diketahui orang. Nah, bagi Anda yang sangat mengutamakan privasi dalam berselancar di internet, Avant Browser sudah pasti cocok dan layak dijadikan pilihan. Sebab, privasi bahkan keberadaan Anda tidak akan diketahui siapa pun.

  1. Vivaldi

Banyak yang tidak tahu, bahwa peramban terbaik yang rilis pada 2016 ini dirancang oleh mantan CEO Opera Software, Jon Stephenson. Itulah mengapa, Vivaldi memboyong sejumlah fitur yang agak serupa dengan Opera, namun lebih inovatif. Salah satu fitur terbaiknya adalah Blink Rendering Engine yang juga digunakan pada Chrome. Fitur ini memungkinkan pengguna mengatur interface sebebas mungkin.

Fitur lainnya yang sangat inovatif adalah Note dan Screen Capture. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu lagi software tambahan ataupun extension untuk memotret layar. Anda hanya tinggal mengklik ikon kamera pada toolbar bagian bawah kanan untuk fungsi screen capture. Anda bahkan dapat menuliskan catatan kecil atau note dengan software default. Masih banyak fitur lainnya yang sangat menarik.

  1. Aloha Browser

Peramban yang satu ini sebenarnya dikhususkan bagi para pengguna smartphone. Aloha Browser merupakan peramban yang sangat direkomendasikan, karena mengunggulkan privasi dan keamanan yang mumpuni. Selain digunakan pada sistem operasi Android, Aloha Browser juga bisa digunakan pada perangkat iPad dan iOs. Menariknya, Alohan memiliki layanan VPN gratis secara default.

Dari sekian banyaknya browser terbaik pilihan situs milik bung Charis, mana browser yang selalu Anda jadikan andalan saat ingin berselancar? Tentu saja, Anda harus memilih yang sesuai dengan kebutuhan browsing Anda demi mendapatkan pengalaman berselancar yang baik. Simak berbagai informasi seputar teknologi komputer, jaringan, dan browser unggulan lainnya hanya di situs Charis.