Cara Berterima Kasih pada Seseorang

—

by

in

Di dalam kehidupan sehari-hari pastinya sering kita dengar ucapan terima kasih ataupun kita mengucapkan terima kasih pada orang lain. Ucapan ini juga merupakan salah satu etika dasar yang wajib dilakukan saat berkomunikasi dengan orang lain.

Dan bagi yang menerima ucapan terima kasih, ini adalah suatu bentuk penghargaan. Nah supaya ucapan terima kasih yang amu berikan jadi lebih bermakna maka harus tahu cara berterima kasih pada seseorang dengan baik.

1. Ucapkan Terima Kasih Sambil Tersenyum

 

Saat mengucapkan terima kasih pada seseorang sebaiknya ucapkan dengan tersenyum. Dengan kita memberikan senyuman maka akan meninggalkan kesan yang mendalam bagi penerimanya. Terlepas senyum yang kita berikan cuma basa basi atau bukan.

Karena tentunya sulit untuk kita agar bisa menjaga mood dengan baik setiap saat agar bisa selalu tersenyum dengan tulus.

Namun yang harus kamu yakini adalah dengan tersenyum saat mengucapkan terima kasih maka ini akan lebih baik dilakukan jika kamu mengucapkan terima kasih sambil mukanya cemberut.

Karena jika muka terlihat masam bisa jadi orang akan salah paham, dan akan menimbulkan masalah lainnya.

2. Ucapkan Maksud Berterima Kasih Secara Spesifik

Saat kita mengucapkan terima kasih pada hal tertentu, ini akan lebih baik dibandingkan jika kita hanya ucapkan ‘terima kasih ‘saja. Tentunya dengan ucapkan terimakasih yang lebih spesifik maka akan terasa lebih tulus bukan hanya sekedar basa basi saja.

Contohnya saat temanmu membantu menyelesaikan pekerjaan rumahmu hingga selesai, maka ucapkan ‘Terima kasih ya , sudah membantu mengerjakan pekerjaan rumah hingga selesai’. Ini akan jauh lebih mengena di hati dari pada hanya mengucapkan kata terima kasih saja.

3. Saat Mengucapkan Terima Kasih Sebutkan Nama Lawan Bicara

Saat kamu mengucapkan terima kasih sambil menyebutkan nama lawan bicaramu maka komunikasinaya akan jauh lebih baik. Ini akan menimbulkan kesan lebih bersahabat dan lebih terkesan pribadi.

Dalam hal ini ada beberapa poin yang harus diperhatikan :

  • Bagi orang yang lebih tua maka bisa ucapkan : terima kasih pak Anton/terima kasih bu Ina
  • Kemudian ucapan terima kasih bagi yang sebaya umurmya, ucapkan : terima kasih Budi/terima kasih Dewi
  • Bisa juga kamu tambahkan kata Bro/sist agar menjadi makin akrab. Ini digunakan hanya untuk teman atau orang sebaya yang sudah akrab saja.

Dengan beberapa hal diatas tentunya kamu sudah memahami perbedaannya. Ini akan jauh lebih baik jika kamu hanya gunakan kata terima kasih saja.

4. Ucapkan Terima Asih dengan Bahasa Tubuh yang Baik

Mengucapkan terima kasih juga harus menggunakan bahasa tubuh yang baik. Ini penting sekali karena kamu benar-benar menunjukkan rasa terima kasih atau tidak.

Saat kamu menerima ucapan terima kasih dari orang lain, namun orang tersebut mengucapkannya sambil lalu saja. Bagaimana perasaanmu? Tentunya akan kecewa.

Jadi banyak bahasa tubuh yang bisa kamu gunakan untuk menunjukkan rasa terima kasih. Jadi sebaiknya kita juga harus bertindak hati-hati. Karena orang lain yang memperhatikan bahasa tubuh saat berbicara.

5. Ucapkan Terima Kasih dengan Tulus

Kemudian cara mengucapkan terima kasih yang terakhir ini tidak memerlukan cara apapun. Yang terpenting ucapkan saja dengan rasa yang tulus. Ini akan lebih bermakna bagi orang yang mendengarnya.

Agar menjadi lebih tulus, kamu juga bisa mengucapkan terima kasih dengan beberapa cara diatas agar orang yang mendengarnya tahu bahwa yang kamu ucapkan memang tulus dari hati. Atau kamu bisa mengucapkan dalam bahasa arab terima kasih.