Makanan dan Minuman Terbaik untuk Kehamilan, Mulai Dari Buah-buahan hingga Minuman Serbuk Ibu Hamil

—

by

in

Saat sedang menjalani masa kehamilan, seorang ibu harus ekstra menjaga dirinya dan janinnya. Salah satunya dengan cara mengatur apa saja makanan dan minuman yang dianjurkan serta dilarang. Berikut ini makanan dan minuman yang baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan, mulai dari sayuran, buah, hingga minuman serbuk ibu hamil.

Nutrisi Penting Untuk Ibu Hamil

  1. Protein

Nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh seorang ibu saat sedang menjalani masa kehamilan salah satunya adalah protein. Protein ini merupakan nutrisi yang sangat baik dan penting karena bertugas untuk memperbaiki jaringan, sel, dan otot pada tubuh yang mengalami kerusakan.

Tidak hanya itu, protein sendiri merupakan zat gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk meningkatkan suplai darah. Pasalnya, dalam masa kehamilan, seorang ibu membutuhkan produksi darah yang lebih banyak hingga dua kali lipat dibandingkan normalnya. Selain itu, protein cukup juga membantu proses perkembangan otak janin tumbuh dengan optimal.

  1. Karbohidrat

Selain protein, karbohidrat juga merupakan nutrisi yang dibutuhkan karena berguna untuk memberikan energi pada tubuh. Tubuh dengan energi yang cukup membuat metabolisme tubuh menjadi bekerja dengan lancar. Selain itu, kecukupan energi ini akan membuat ibu hamil untuk bertenaga dan tidak mudah lelah serta lemas meski beraktivitas.

  1. Lemak

Tidak selamanya lemak buruk untuk tubuh. Lemak sendiri sebenarnya memiliki berbagai manfaat untuk memenuhi gizi serta nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Nutrisi ini sangat penting untuk dicukupi karena mampu membantu janin untuk berkembang di seluruh  trimester kehamilan, termasuk perkembangan otak dan mata janin.

Selai berguna untuk mencukupi nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, konsumsi lemak yang cukup untuk ibu hamil juga memiliki manfaat-manfaat lain. Salah satu manfaatnya adalah untuk memenuhi kebutuhan energi ibu dan janin saat sedang menjalani persalinan normal.

Lemak pada ibu hamil juga bermanfaat untuk memenuhi zat gizi dan nutrisi pada ibu hamil guna merawat plasenta serta air ketuban selama 9 bulan lamanya masa kehamilan. Lemak juga berguna untuk membesarkan otot-otot Rahim, meningkatkan volume darah, hingga memperbesar payudara sebagai persiapan untuk menyusui si kecil nantinya.

  1. Serat

Serat sangat diperlukan untuk ibu hamil karena memiliki kemampuan untuk mengatur gula darah pada tubuh dan mempertahankan berat badan ibu karena akan membuat perut menjadi kenyang lebih lama. Serat juga mampu memperlancar pencernaan sehingga ibu hamil tidak mengalami sembelit di masa kehamilan.

  1. Zat Besi

Nutrisi lainnya yang diperlukan oleh ibu hamil bernama zat besi. Zat besi merupakan nutrisi yang berguna untuk menambah pasokan darah ada tubuh karena mampu memproduksi dan membuat sel-sel darah merah. Pasokan darah yang cukup tidak hanya berguna bagi ibu, namun janin juga akan merasakannya untuk mengalami tumbuh kembang yang optimal.

  1. Asam Folat

Nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil selanjutnya adalah asam folat. Asam folat ini mampu mencegah adanya resiko cacat lahir pada bayi yang diakibatkan oleh cacat tabung saraf dan kelainan pada otak serta sumsum tulang belakang. Tidak hanya itu, masih banyak manfaat-manfaat dari asam folat ini untuk seorang ibu hamil dan juga janinnya.

Salah satu manfaat dari asam folat untuk ibu hamil dan janin adalah mampu mencegah keguguran. Selain itu, asam folat ini juga bermanfaat untuk mencegah bayi lahir prematur sehingga ibu mengalami anemia atau kekurangan darah pada masa kehamilan.Asam folat biasanya dapat didapatkan melalui suplemen atau vitamin khusus ibu hamil.

  1. Kalsium

Kalsium merupakan nutrisi lain yang sangat penting untuk dipenuhi pada masa kehamilan. Kalsium adalah nutrisi yang berguna untuk membentuk tulang dan gigi bayi dengan kuat. Kalsium ini juga mampu membantu sistem peredaran darah, otot, serta saraf pada ibu agar berjalan dengan normal.

  1. Vitamin C

Salah satu vitamin yang diperlukan ibu hamil agar ibu dan janin tetap sehat selama masa kehamilan adalah vitamin C. Vitamin C ini berguna untuk membantu tubuh agar mampu menyerap zat besi yang ada secara lebih optimal. Tidak hanya itu, vitamin C juga berguna untuk membantu daya tahan tubuh, tulang dan gigi, hingga pembuluh darah serta sel darah merah.

  1. Seng

Kemudian, salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil bernama seng. Seng ini mampu membantu perkembangan otak janin. Nutrisi ini mampu membantu pertumbuhan serta perbaikan sel-sel pada tubuh menjadi baru dan juga mampu membantu tubuh untuk menghasilkan energi.

  1. Vitamin D

Vitamin lain yang diperlukan oleh tubuh ibu hamil adalah vitamin D. Vitamin yang satu ini berguna untuk membantu tubuh menyerap kalsium. Tidak hanya itu, vitamin D juga berguna untuk membantu pertumbuhan tulang serta gigi pada janin sehingga sangat penting untuk dipenuhi kebutuhan vitamin D ini.

  1. Yodium

Nutrisi lain yang diperlukan pada masa kehamilan adalah yodium. Yodium berguna untuk menjaga kesehatan kelenjar tiroid pada tubuh. Selain itu, yodium juga berguna untuk membantu tumbuh kembang bayi hingga mencegah bayi lahir dalam keadaan mati. Yodium ini juga mampu mencegah stunting, cacat mental, hingga gangguan pendengaran pada bayi.

  1. Asam Lemak Omega-3 & Omega-6

Asupan asam lemak sangat dibutuhkan untuk ibu hamil. Hal ini dikarenakan, asupan asam lemak yang cukup dapat mengurangi resiko terjadinya kelahiran prematur. Asupan asam lemak yang cukup pada masa kehamilan juga mampu mendukung perkembangan saraf pada janin.

  1. Kolin

Kolin berguna untuk membantu kesehatan tulang pada ibu hamil dan mencegah tekanan darah tinggi. Tidak sebatas itu, nutrisi yang bernama kolin ini juga berguna untuk mencegah bayi terlahir cacat. Selain mencegah resiko kecacatan pada bayi saat dilahirkan nantinya, kolin juga berguna untuk mengurangi resiko adanya masalah pada otak dan tulang belakang bayi.

Makanan dan Minuman yang Disarankan untuk Ibu Hamil

  1. Susu Ibu Hamil

Minuman serbuk ibu hamil yang satu ini memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk ibu hamil. Susu hamil sendiri umumnya memiliki kandungan mineral, protein, vitamin, hingga kalsium. Nutrisi-nutrisi ini sangat baik tidak hanya untuk ibu hamil saja, namun untuk bayi yang masih berada di dalam kandungan.

Susu ibu hamil sendiri memiliki berbagai manfaat yang baik untuk ibu dan calon bayi. Manfaat-manfaatnya antara lain adalah menjaga kesehatan bayi, memperbaiki plasenta, hingga memperlancar air susu ibu. Selain itu, susu khusus ibu hamil juga berguna untuk membantu pembentukan tulang dan gig pada janin, hingga mencegah anemia pada ibu.

  1. Ubi

Ubi merupakan salah satu umbi-umbian yang mengandung banyak vitamin A yang berguna untuk ibu hamil. Vitamin A sendiri juga merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan oleh tubuh saat masa kehamilan karena berguna untuk pertumbuhan sel serta jaringan pada janin.

  1. Brokoli

Sayuran berwarna hijau ini ternyata sangat berguna untuk ibu hamil. Brokoli memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat, seperti kalsium, lutein, asam folat, karotenoid, dan zeaxanthin yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Selain itu, brokoli juga memiliki kandungan vitamin C yang berguna untuk menyerap zat besi.

  1. Kelapa Muda

Salah satu minuman yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil adalah air kelapa muda. Air kelapa muda memiliki berbagai macam nutrisi yang diperlukan untuk tubuh. Salah satunya adalah elektrolit dan mineral yang berguna sebagai detoks tubuh hingga membuat tubuh menjadi lebih kebal, baik untuk ibu hamil maupun janin.

  1. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang cocok dikonsumsi saat sedang menjalani masa kehamilan. Buah yang satu ini kaya akan nutrisi yang penting untuk tubuh, seperti vitamin C, asam folat, vitamin B6, asam lemak baik, vitamin K, kalium, hingga serat.  Karenanya, buah alpukat mampu membantu perkembangan otak, sara, jaringan, dan kulit pada janin.

  1. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang berguna untuk perkembangan mata dan otak janin, Selain itu, ikan salmon juga mengandung vitamin D, dimana vitamin ini sangat baik untuk ibu hamil. Namun, pastikan bahwa tidak memakan ikan salmon secara mentah seperti sashimi, karena akan membahayakan janin.

  1. Jahe Hangat

Saat sedang hamil, kebanyakan ibu merasakan mual serta muntah-muntah di pagi hari.Nah, jahe hangat dapat menjadi salah satu solusi. Jahe hangat atau wedang jahe memiliki aroma kuat dan menyegarkan sehingga mampu mengurangi rasa mual. Jahe hangat juga memiliki anti inflamasi, anti bakteri, hingga anti virus yang mampu menjaga kekebalan tubuh.

Makanan dan Minuman yang Tidak Disarankan untuk Ibu Hamil

  1. Alkohol

Salah satu minuman yang dilarang untuk ibu hamil adalah minuman beralkohol. Minuman dengan kandungan alkohol tidak dianjurkan bahkan dilarang untuk ibu hamil karena berbagai dampaknya. Salah satunya adalah minuman beralkohol mampu meningkatkan resiko gangguan tumbuh kembang serta penglihatan dan pendengaran janin, hingga lahir prematur.

  1. Daging-dagingan Mentah

Daging-dagingan, baik ungags, sapi, maupun ikan yang masih mentah atau tidak dimasak hingga benar-benar mentah sebaiknya tidak dikonsumsi ibu hamil. Pasalnya, daging-dagingan mentah akan meningkatkan resiko adanya gangguan pencernaan karena sistem imun yang berubah.

  1. Fast Food

Fast food atau makanan cepat saji juga merupakan salah satu makanan yang sebaiknya dihindari saat sedang dalam masa kehamilan. Makanan cepat saji umumnya mengandung tinggi lemak trans. Kandungan lemak trans ini dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung, obesitas, hingga ukuran janin yang membesar.

  1. Telur Mentah

Selain daging-dagingan mentah, telur mentah juga termasuk salah satu makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi ibu hamil. Telur mentah memiliki bakteri salmonella yang mampu menyebabkan keracunan. Maka dari itu, lebih baik mengkonsumsi telur yang telah dimasak dengan matang sempurna.

  1. Minuman Bersoda

Minuman bersoda biasanya memiliki kandungan pemanis buatan yang tinggi sehingga tidak baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Konsumsi minuman bersoda akan membuat ibu hamil menjadi kekurangan kalsium serta nutrisi-nutrisi lain yang dibutuhkan. Mengkonsumsi minuman bersoda dengan intensitas tinggi dapat meningkatkan resiko keguguran hingga cacat lahir.

Nah, itulah berbagai makanan dan minuman yang baik dikonsumsi untuk kehamilan, mulai buah-buahan, sayur-sayuran, minuman serbuk ibu hamil dari maklon minuman serbuk seperti susu ibu hamil, hingga makanan dan minuman yang menjadi pantangan ibu hamil. Saat sedang hamil, ibu harus selalu menjaga kesehatan fisik maupun batin agar ibu dan janin senantiasa sehat.