Tempat Wisata di Kota Magelang yang Terletak Diantara Dua Pegunungan

โ€”

by

in

Rutinitas sehari-hari yang membosankan dan beban pekerjaan yang besar membuat kita merasa jenuh dan stress. Salah satu jalan keluar bagi kita untuk menghilangkan kejenuhan dan stress adalah berlibur menikmati pemandangan alam di kota Magelang. Serupa dengan kota di Indonesia lainnya, Magelang memiliki lokasi wisata unggulan yang mampu menarik banyak wisatawan. Ketep Pass merupakan tempat wisata yang berada di antara gunung Merapi dan gunung Merbabu. Lokasi wisata ini juga berada di sekitar bukit Sawangan. Dengan lokasinya tersebut, Ketep Pass terkenal memiliki panorama pegunungan yang menakjubkan.

Tempat Wisata di Kota Magelang dengan Wahana Menarik

Selain dikenal memiliki pemandangan alam yang luar biasa, Ketep Pass juga menyuguhkan wahana menarik yang dapat dimanfaatkan oleh semua pengunjung. Pelataran Panca Arga sendiri merupakan salah satu wahana yang berada di lokasi tertinggi tempat wisata. Dari tempat ini, kita dapat melihat lima gunung yang berada di sekitar ketika cuaca sedang cerah. Kelima gunung yang dapat dilihat dari Pelataan Panca Arga adalah gunung Slamet, gunung Sindoro, gunung Merapi, gunung Merbabu dan gunung Sumbing. Di tempat ini pula, kita dapat menggunakan latar belakang pemandangan alam untuk berfoto.

Gardu Pandang menjadi wahana menarik lainnya yang ada di Ketep Pass. Dari gardu ini, kita dapat melihat pemandangan alam pertanian yang ada di sekitar gunung. Gardu Pandang merupakan sebuah bangunan berbentuk persegi delapan yang memiliki panjang 5 m dan biasanya digunakan sebagai tempat untuk beristirahat. Keindahan alam yang berada di Ketep Pass dapat pula kita lihat dengan menyewa spot teropong. Penyewaan spot teropong ditawarkan dengan harga yang bersahabat. Teropong tersebut tidak hanya berada di Gardu Pandang saja melainkan juga berada di Pelataran Panca Arga.

Wahana di Ketep Pass yang mampu menarik perhatian para pengunjung adalah Ketep Volcano Theatre. Bioskop yang diresmikan pada tanggal 21 Maret 2003 ini menampilkan film yang berkaitan dengan sejarah terbentuknya gunung Merapi, jalur pendakian, letusan dan penelitian yang dilakukan di Puncak Garuda. Film tersebut disajikan selama 15 menit.

Fasilitas dan Fungsi Wisata

Berdasarkan dengan fungsinya, Ketep Pass merupakan sarana penelitian dan peragaan gunung Merapi. Tempat wisata ini juga menjadi sarana edukasi dan dokumentasi mengenai gunung Merapi. Untuk fasilitasnya sendiri, Ketep Pass memiliki fasilitas yang lengkap. Ketika kita berkunjung ke tempat ini, kita dapat melihat keberadaan kamar mandi, mushola, gazebo, restoran dengan harga yang terjangkau, tempat sampah dan area parkir yang luas. Dengan keberadaan fasilitas tersebut, kita akan merasa nyaman ketika berada di lokasi wisata.

Ketep Pass dibuka setiap hari, mulai dari hari Senin hingga hari Minggu. Lokasi wisata mulai beroperasi sejak pukul 6 pagi hingga pukul 6 petang. Berdasarkan informasi dari hargatiket.net, harga tiket dibedakan berdasarkan kategori tertentu. Berikut penjelasannya:

  1. Wisatawan lokal

Harga tiket masuk yang ditetapkan pada hari Senin hingga Sabtu adalah Rp. 10.500. Sedangkan untuk hari Minggu dan hari libur lainnya, harga tiket yang ditetapkan adalah Rp. 12.500.

  1. Wisatawan mancanegara

Harga tiket masuk hari Senin hingga Sabtu adalah Rp. 50.000. Untuk hari Minggu dan hari libur nasional lainnya, harga tiket yang ditetapkan adalah Rp. 60.000.

  1. Diskon

Lokasi wisata akan memberikan diskon sebesar 10% untuk rombongan. Jumlah orang yang berada pada 1 rombongan adalah 30 orang.