4 Pilihan Wisata Hutan Mangrove di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

โ€”

by

in

Banyak pilihan lokasi wisata alam yang di dikunjungi bersama kawan atau keluarga. Salah satunya adalah wisata hutan mangrove. Mangrove banyak tumbuh di wilayah sekitar pesisir. Sehingga Indonesia yang banyak terdapat pulau memiliki banyak lokasi wisata ini. Inilah 5 rekomendasi wisata mangrove yang bisa masuk dalam list perjalanan anda.

4 Rekomendasi Hutan Mangrove di Indonesia

  1. Hutan Mangrove Ujungpangkah di Gresik

Di Kabupaten Gresik Jawa Timur, anda bisa menemukan hutan mangrove yang tampak asri. Lokasi tepatnya hutan mangrove ini adalah di Dusun Banyulegi Desa Banyuurip, Ujungpangkah di Kabupaten Gresik. Lokasi wisata ini lebih dikenal oleh masyarakat sekitar sebagai Wisata Mangrove Banyuurip.

Wisata mangrove yang baru diresmikan pada tahun 2016 yang lalu ini wajib anda kunjungi. Tak hanya melihat pemandangan saja, namun di lokasi hutan mangrove ini juga terdapat kebun bibit. Lokasi mangrove Banyuurip dijadikan sebagai pusat pembibitan mangrove dan juga sebagai habitat asli kawanan burung bangau, menarik bukan?

  1. Hutan Mangrove Kulon Progo di Yogyakarta

Yogyakarta memang tak pernah sepi wisatawan. Banyak spot wisata di Yogyakarta yang bisa anda kunjungi, dari mulai kuliner, wisata sejarah hingga wisata alam. Salah satunya adalah Wisata Hutan Mangrove di Kulon Progo. Lokasi tepatnya berada di Dusun Pasir Mendit pada Kecamatan Temon, Kulon Progo.

Uniknya lagi, hutan mangrove ini berada tepat diatas aliran Sungai Bogowonto. ย Banyak spot foto menarik di lokasi wisata ini. Walaupun begitu kesan asri dan alami akan masih sangat terasa bila anda berkunjung kesini. Ditambah lagi dengan adanya jembatan bambu yang dibangun memanjang ke daerah tepi hutan mangrove yang menjadikan spot menarik.

3.Hutan Mangrove Bedul di Banyuwangi

Banyuwangi memang memiliki banyak pantai yang cantik. Kota yang terletak di Jawa Timur in juga memiliki wisata htan mangrove yang tak kalah menarik. Salah satunya adalah Hutan Mangrove Bedul. Hutan mangrove ini masih terletak di dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo sehingga lokasinya mudah untuk ditemukan wisatawan.

Tak hanya berfungsi sebagai penjaga pantai, Wisata Hutan Mangrove di Banyuwangi ini juga sebagai habitat atau tempat tinggal asli berbagai satwa. Satwa eksotis tersebut antara lain seperti bangau, elang laut, monyet, biawak, dan burung blibis. Bila kawasan hutan mangrove ini sedang surut, maka penduduk sekitar sering mencari kerang disekitar lokasi ini.

  1. Hutan Mangrove di Tarakan

Tak hanya di Pulau Jawa, ada juga wisata mangrove yang menarik di Kalimantan yaitu di Tarakan. Luas wisata mangrove di Tarakan bisa mencapai 21 hektar. Dengan lahan hutan seluas itu, hutan mangrove di Tarakan ini banyak ditumbuhi berbagai macam jenis tanaman bakau. Sehingga hutan mangrove ini juga menjadi salah satu paru paru Kota tarakan yang terkenal.

Luasnya Wisata Hutan Mangrove ini dan juga beragam jenis tanaman bakau yang ditanam, menjadikan lokasi ini seringkali dijadikan objek penelitian. Bila anda ingin berkunjung ke lokasi wisata ini, maka hutan mangrove Tarakan buka dari pukul 9 pagi hingga ukul 5 sore hari waktu setempat. Harga tiket masuknya juga terjangkau hanya sekitar Rp 5 ribu per orangnya.

Hutan mangrove di Indonesia tak hanya menyuguhkan pemandangan alam yang mempesona namun juga memberikan manfaat pengetahuan bila dikunjungi. Banyak hal yang bisa dipelajari dari mangrove. Mengenalkan mangrove kepada anak dan wisatawan juga mempunyai tujuan untuk lebih menyadari pentingnya mengrove untuk kelestarian ekosistem sekitarnya. Kamu bisa menggunakan paket wisata Jogja 2022 untuk datang ke tempat ini.