Apa Sih Perbedaan Artikel dan Jurnal?

Saat Anda sedang mengerjakan tugas, biasanya Anda akan membutuhkan referensi dari suatu artikel dan jurnal yang bisa mendukung penyelesaian tugas Anda. Apakah Anda pernah memikirkan perbedaan artikel dan jurnal? Kedua hal ini cukup banyak membuat orang keliru. Pada kesempatan kali ini mari kita jabarkan perbedaan dari artikel dan jurnal.

Jika dibaca sekilas saja, memang artikel dan jurnal banyak membuat orang keliru. Hal ini memang kedua karya tersebut mempunyai beberapa kemiripan. Namun ternyata artikel dan jurnal mempunyai perbedaan khusus yang cukup terlihat. Anda bisa melihat perbedaan ini pada contoh artikel dan contoh jurnal dengan tema yang sama.

Artikel merupakan suatu tulisan yang mempunyai fungsi dimana terdapat suatu informasi yang bisa pembaca dapatkan. Biasanya artikel akan didukung dengan fakta yang sesuai dengan topik artikel tersebut.

Lalu bagaimana dengan jurnal? Jurnal hampir sama dengan artikel dimana terdapat suatu informasi akan suatu topik yang biasanya diterbitkan secara periodik. Jurnal sangat sering digunakan bagi kebutuhan akademis. Dari pengertian inilah sudah mulai terasa perbedaan dari artikel dan jurnal.

Meskipun artikel dan jurnal mempunyai suatu perbedaan, namun tujuan dari penulisan contoh artikel dan contoh jurnal adalah sama. Dengan membaca jurnal maupun artikel, Anda akan mendapatkan informasi di dalamnya. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut perbedaan dari artikel dan jurnal, maka simak tulisan di bawah ini.

Artikel Penelitian dan non Penelitian

Terdapat dua jenis artikel yaitu artikel penelitian dan non penelitian. Untuk artikel penelitian sesuai dengan namanya pasti mempunyai sifat yang ilmiah. Jika Anda sedang menulis artikel penelitian, maka Anda cara penulisan artikel harus sistematis. Tentu Anda harus memperhatikan abstrak, judul, kata kunci, nama penulis, daftar isi, metode, dan lain sebagainya.

Artikel ilmiah akan berisi hal tentang penelitian. Mulai dari temuan, pembahasan,hasil, dan kesimpulan dari suatu penelitian. Karena ditulis secara sistematis pula maka akan terdapat bagian dan sub  bagian. Cara penulisan artikel juga harus menaati prosedur yang ada. Perbedaan artikel dan jurnal bisa diliaht dari artikel yang tidak menggunakan abjad ataupun angka.

Sedangkan untuk artikel non penelitian adalah artikel yang ditulis tidak berdasarkan dari laporan hasil suatu penelitian. Untuk artikel non penelitian memang tidak serumit artikel penelitian, namun dalam penulisannya tetap harus ada peraturan khusus yang diikuti oleh penulis artikel.Artikel non penelitian juga hanya berjumlah maksimal 20 halaman saja.

Sedangkan untuk jurnal imliah, ada tiga jenis jurnal ilmiah yang beredar luas. Jenis yang pertama adalah jurnal populer. Dalam jurnal ini, Anda akan membaca suatu informasi dan pendapat yang bisa menghibur pembacanya. Untuk jurnal jenis ini berisi iklan, kutipan, bibliografi, bahkan ilustrasi. Selian itu jurnla populer juga bisa berisi pendapat, cerita fitur, dan juga editorial.

Jenis yang kedua adalah jurnal professional. Sesuai dengan namanya, jurnal ini menargetkan suatu profesi pada suatu industri tertentu. Isi dari jurnal professional biasanya seputar pendapat, berita terkini, atau saran atas suatu topik tertentu yang terjadi dalam industri yang menjadi topik dalam jurnal profesioanal itu.

Sedangkan untuk jenis jurnal yang ketiga adalah jurnal scholar. Jurnal ini merupakan jurnal ilmiah yang bersifat akademik. Isi dari jurnal scholar adalah temuan dari suatu penelitian dan juga berisi tentang pengetahuan di bidang tertentu. Jurnal scholar biasanya diterbitkan secara teratur pada periode tertentu.

Itu dia perbedaan dari artikel dan jurnal. Jadi, tulisan yang Anda baca sekarang adalah artikel atau jurnal?