Cara Merawat Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus

Bentuk ikan cupang yang cantik dan imut menjadi daya tarik tersendiri. Itulah mengapa banyak yang memelihara ikan cupang. Alasan lainnya karena cara perawatan ikan cupang juga termasuk mudah.

Akan tetapi tahukah kamu jika tidak merawatnya dengan baik maka sirip dan ekor ikan cupang jadi rusak. Sehingga perlu kehati-hatian untuk merawatnya. Yuuk ikuti cara merawat ikan cupang agar warnanya tetap bagus di bawah ini dilansir dari Faunanesia.

1. Pilihlah Ukuran Wadah yang Pas

Cara merawat ikan cupang yang pertama yaitu dengan pemilihan wadah sebagai tempat tinggalnya. Ikan ini juga bisa hidup di berbagai ukuran akuarium. Untuk membuat tampilan ikan ini menjadi lebih menarik maka dibagian bawah akuarium bisa ditaruh bebatuan kecil dan tanaman palsu.

2. Air untuk Ikan Cupang

Agar ikan cupang tetap terlihat cantik dan sehat maka gunakan air yang tepat. Air yang bagus untuk digunakan yaitu yang berasal dari sumur. Penggunaan air tawar ini disarankan karena memiliki karakteristik yang hampir sama dengan habitat aslinya.

Akan tetapi selain air sumur, bisa juga menggunakan air PDAM. Hindari penggunaan kloramin dan klorin yang akan membahayakan ikan cupang.

3. Perhatikan Volume Air

Apabila menggunakan wadah ikan cupang yang tanpa menggunakan penutup maka airnya diisi sekitar 40% saja. Hal ini dikarenakan agar ikan cupang tidak bisa melompat keluar.

4. Cara Memasukkan Ikan Cupang pada Wadah Baru

Agar ikan cupang tidak cepat mati maka saat memindahkan ikan ke wadah lain dilakukan dengan hati-hati. Pindahkan ikan cupang tersebut ke wadah lainnya dengan memakai wadah yang didalamnya juga berisi sedikit air.

Kemudian untuk mengganti air jangan diganti secara drastis. Namun campur air yang lama dengan menggunakan air yang baru. Tujuannya adalah untuk memudahkan ikan cupang dalam menyesuaikan diri.

Jangan menyentuhnya secara langsung ataupun menangkapnya dengan menggunakan saringan. Karena akan merusak siripnya yang indah.

5. Mengganti AIr Ikan Cupang

Untuk merawat ikan cupang agar menjadi cepat besar yaitu dengan mengganti airnya di akuarium tiga hari sekali. Akan tetapi lakukan hal ini dengan hati-hati.

6. Menjemur Ikan Cupang

Agar warna ikan cupang tetap bagus dan terawat maka harus merawatnya dengan benar. Caranya yaitu dengan menjemurnya.

Dengan menjemur ikan cupang maka ikan jadi lebih segar dan bisa untuk membunuh bakteri serta jamur yang menempel dikulit dan wadah.

Jemurlah antara pukul 08.00 sampai dengan pukul 10.00 pagi sekitar 15-30 menit aja.

7. Berikan Nutrisi yang Bagus

Berikan makanan yang mengandung nutrisi yang bagus. Misalnya kutu air, udang, jentik nyamuk, ulat serta cacing. Berikan makanan satu hari sebanyak dua kali sehari.

8. Memberikan Garam

Cara merawat ikan cupang apabila terluka yaitu dengan menaburkan garam. Fungsi dari garam ikan hias yaitu untuk menyeimbangkan osmosis dalam tubuh ikan cupang. Garam bukan hanya bisa menyembuhkan luka saja namun juga bisa menstabilkan metabolisme tubuh ikan.

Untuk memberikan garam ini caranya mudah yaitu dengan 0,1 persen dari air atau yang setara dengan 10 gram berisi 1 liter air.

9. Berikan Metil Biru

Cara merawat ikan cupang lainnya yaitu dengan memberikan metil biru. Fungsi metil biru ini sangat bagus untuk mempercepat penumbuhan sirip ikan cupang yang patah. Adapun untuk pertumbuhan sirip barunya hanya berlangsung selama satu minggu saja.

Itulah beberapa cara merawat ikan cupang agar warnanya bagus dan terlihat sehat.