Tidak Hanya Seru, Yuk Simak Manfaat Lain Mainan Lego Anak

Mainan lego anak pertama kali muncul tahun 1940 dan langsung booming. Sejak kemunculannya, dunia bermain anak seolah lebih berwarna dan kian menyenangkan. Lego sendiri berasal dari Denmark dimana bentuknya berupa kumpulan balok plastik yang bisa disusun menjadi berbagai macam bentuk.

Mainan yang sekilas tampak sederhana ini ternyata menyimpan manfaat yang baik bagi edukasi buah hati. Lego tergolong constructive play yakni pola bermain memanipulasi benda. Manfaat mainan lego anak untuk perkembangan buah hati ternyata amat besar. Apa sajakah itu?

Manfaat Mainan Lego Anak yang Ternyata Sangat Bagus

Sejak ditemukan, lego memang menjadi sebuah fenomena. Bak jamur di musim hujan, popularitasnya semakin menyebar ke seluruh dunia. Tidak berlebihan memang karena manfaatnya sangat baik bagi yang memainkannya. Ini dia ulasannya.

  1. Anak Aktif Bermain

Anak-anak yang aktif bergerak dan bermain tentu lebih menyenangkan dibanding hanya duduk menatap gadget. Bermain lego akan merangsang gerak tangan, kaki, mata, dan berbagai anggota tubuh lain.

Anak-anak yang aktif bermain juga membuat orang tua tenang. Setidaknya waktu untuk menatap layar gadget menjadi terlupakan, karena keasyikan menyusun balok-balok lego.

  1. Ruang dan Keberanian Bereksplorasi Lebih Terbuka

Mengasah kreativitas lewat mainan lego anak membuat Si Kecil memiliki ruang untuk membuat banyak kemungkinan. Misalnya dalam beberapa balok bisa dibuat macam-macam bentuk. Anak-anak pun bisa melakukan ragam hal baru dari mainan ini.

Imajinasi pun seolah tak terbatas sehingga kemungkinan untuk bereksplorasi lebih terbuka. Si Kecil akan merasa bebas bereksperimen tanpa khawatir gagal. Tentunya kreativitas pun dapat terasah dengan cara menyenangkan.

  1. Anak Lebih Berani Membangun Ide

Imajinasi anak-anak memang luar biasa. Akan tetapi tidak semuanya tersalurkan. Sebabnya ada banyak, salah satunya karena ketidakberaniannya dalam menyalurkan ide. Bisa karena lingkungan, atau tidak adanya kesempatan untuk belajar.

Lego yang sifatnya tiga dimensi seolah nyata di hadapan anak-anak. Anak yang aktif menyusun aneka balok sesuai imajinasinya, pada akhirnya memiliki keberanian untuk membangun ide, hingga mengutarakannya.

  1. Merangsang Motorik Halus Anak

Untuk anak balita, mainan lego berguna untuk merangsang motorik halus. Si Kecil akan terpacu untuk memegang balok-balok kecil dan menghubungkannya satu sama lain. Dibutuhkan tekanan yang berbeda-beda ketika akan menyusun lego.

Tentunya susunan-susunan yang dihadikan anak menjadi sarana untuk merangsang motorik halus. Pada akhirnya, anak-anak akan mudah dalam bergerak, dan lebih aktif seiring bertambah usianya.

  1. Kemampuan Analisis Meningkat

Mainan lego yang juga bisa dibeli di tempat jual perosotan anak terpercaya ini, juga berguna untuk meningkatkan kemampuan analisis. Ketika buah hati menyusun balok-balok kecil lego dan menurutnya kurang bagus, Si Kecil akan merasa kurang puas dan menganalisa agar bentuknya lebih sempurna.

Apabila rutin bermain selagi jam mainnya tidak berlebihan, tentu analisis anak akan lebih peka. Sebagai orang tua, Anda juga bisa lho menemani buah hati tatkala bermain lego, sembari memberikan saran.

Tips Membeli Lego yang Benar

Setelah paham apa saja manfaat lego untuk anak-anak, saatnya untuk membelikannya. Akan tetapi, pastikan Anda tahu dahulu apa saja tips membeli lego yang benar, agar tidak salah pilih.

  • Periksa kelengkapan di box dan petunjuk penggunaannya.

  • Waspadai harga yang di bawah pasaran, pastikan kualitasnya bagus.

  • Perhatikan inovasi produk, agar beli produk lego yang kekinian.

  • Baiknya pilih yang ada cap bertuliskan “Lego”

  • Pastikan kualitas produk yang dijual tidak abal-abal, plastiknya pun tidak berbau menyengat.

Nah itu dia beberapa manfaat mainan lego anak, yang ternyata tidak hanya mengasah kreativitas. Ternyata lego pun bisa menjadi sarana pendukung tumbuh kembang buah hati, asalkan diberikan dalam porsi waktu yang cukup.