Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Buah semangka merupakan buah yang kaya akan air. Maka dari itu, buah semangka ini menjadi salah satu peleoas dahaga yang diincar bagi banyak orang. Rasanya yang manis dan menyegarkan ini pula yang menjadi buah semangka menjadi salah satu buah favorit bagi banyak orang. Namun, tahukah Anda selain memiliki rasa yang lezat buah semangkan ini menyimpan manfaat yang luar biasa?

Buah semangka ini memiliki begitu banyak manfaat bagi setiap orang. Salah satunya untuk ibu hamil. Lantas apa saja manfaat buah semangka bagi ibu hamil?

  • Menurunkan tekanan darah

Semangka merupakan sumber makanan dengan kandungan asam amino citrulline yang tinggi. Di dalam tubuh citrulline tersebut diubah menjadi asam amino esensial arginine. Nah, senyawa tersebut yang memiliki manfaat penting dalam menurunkan tekanan darah. Perlu Anda ketahui bahwa citrulline ini paling banyak terletak pada kulit putih yang mengelilingi daging semangka.

 

 

  • Mencegah preeklamsia

Buah semangka kaya akan antioksida. Nah, Antioksidan yang dimiliki buah semangka tersebut berperan penting dalam mencegah terjadinya preeklamsia dan dapat mengurangi risiko bayi lahir dengan berat badan rendah.

  • Mengatasi kram

Kandungan kalium dan vitamin B5 yang terkandung di dalam buah semangka ini mampu meringankan kram yang sering dialami oleh ibu hamil. Selain itu, vitamin B5 yang terkandung dalam buah semangka juga berperan penting dalam pembentukan hormon kehamilan.

  • Mendukung tumhuh kembang janin

Buah semangka juga dapat mendukung tumbuh kembang janin. Manfaat tersebut diperoleh dari vitamin A pada buah semangka. Vitamin A ini berperan penting dalam membantu perkembangan paru-paru. ginjal, jantung, tulang, mata, dan sistem saraf lainnya pada janin.