Pelestarian Hutan Dapat Dilakukan Dengan Cara

 

Hutan merupakan bagian penting untuk kehidupan makhluk bumi. Hutan yang dipenuhi banyak pohon menjadi pemasok oksigen terbaik. Sayangnya kini fungsi hutan banyak berubah karena kerusakan. Namun pelestarian hutan dapat dilakukan dengan cara seperti reboisasi dan sebagainya. Simak selengkapnya disini!

Bagaimana Melestarikan Hutan?

Adanya bencana banjir dan tanah longsor membuktikan jika hutan saat ini sedang tidak baik-baik saja. Ada banyak kerusakan yang sebagian besar karena ulah tangan manusia. Karena begitu penting peran hutan untuk keseimbangan makhluk, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

  • Reboisasi merupakan proses penanaman kembali hutan yang rusak atau gundul.

  • Melakukan Sistem Tebang Pilih. Pelestarian hutan dapat dilakukan dengan cara melakukan tebang pilih pohon. Tidak hanya asal tebak saja namun memperhatikan kualifikasi pohon untuk ditebang.

  • Mengurangi Penggunaan Produk Kayu. Memang hutan dapat menyokong hidup manusia. Namun penggunaan bahan kayu yang berlebihan akan merusak hutan.

  • Penerapan Penebangan Konservatif. Metode konservatif adalah menebang pohon yang sudah tidak lagi produktif.

  • Sistem Tebang Tanam. Tidak hanya tebang pilih. Penerapan tebang tanam, juga menjadi solusi untuk pelestarian hutan.

Pentingnya fungsi hutan ternyata tidak berbanding lurus dengan kelakuan para penghuninya. Terutama manusia. Ada saja tangan tidak bertanggung jawab yang lebih memikirkan diri sendiri daripada kemaslahatan banyak makhluk.