You are currently viewing Tata Cara dan Manfaat Praktek Sholat Jenazah di Sekolah

Tata Cara dan Manfaat Praktek Sholat Jenazah di Sekolah

  • Post author:
  • Post category:Umum

Bagi Anda yang pernah mengenyam pendidikan di bangku sekolah pasti pernah mendapatkan  pelajaran agama bukan? Pelajaran agama itu mengajarkan berbagai hal terkait ilmu keagamaan. Selain itu, ada beberapa kegiatan praktik keagamaan yang harus dilakukan salah satunya adalah praktek sholat jenazah.

Mengenal Sholat Jenazah

Sholat jenazah adalah sebuah sholat yang hukumnya fadhu kifayah di mana semua umat muslim diwajibkan untuk melakukannya tapi akan berubah sunnah apabila sudah ada yang mengerjakannya. Tapi semakin banyak orang yang mau mensholatkan jenazah makan akan semakin baik. Sholat jenazah biasanya dilakukan setelah jenazah disucikan di tempat pemandian jenazah dan ketika jenazah sudah dikafani.

Rukun Sholat Jenazah dan Tata Caranya dalam Praktik Sholat Jenazah

Pada dasarnya, sholat jenazah mempunyai beberapa rukun yang harus dipenuhi. Jika semua rukun sholat jenazah ini maka sholat dianggap tidak sah. Berikut ini ada beberapa rukun sholat jenazah yang bisa dijalankan, yaitu :

  1. membaca niat sesuai dengan jenazah yang sedang di sholatkan. Niat sholat untuk jenazah pria dan perempuan berbeda
  2. Berdiri bagi yang mampu dan bisa dilaksanakan dengan duduk bagi yang tidak mampu berdiri
  3. Melakukan empat kali takbir dengan mengucap Allahuakbar
  4. Mengangkat tangan pada saat melakukan takbir petama
  5. Membaca surat pembuka al fatihah yang berisi puji-pujian untuk sang pencipta
  6. Membacakan sholawat nabi yang ditujukan untuk nabi muhammad saw
  7. Mendoakan jenazah agar mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT
  8. Membaca dua kali salam

Setelah mengetahui rukun dalam sholat jenazah, selanjutnya lakukan sholat jenazah dengan benar. Berikut ini adalah prosedurnya, yaitu :

  1. Lakukan takbiratul Ihram sembari membaca niat. Setelah itu, baca surat al fatihah.
  2. Lakiukan takbir kedua. Setelah itu bacalah sholawat. Caranya adalah dengan mengangkat tangan setinggi telinga atau sejajar dengan bahu serta tangan diletakkan dibagian atas pusar. Setelah itu, bacalah shalawat nabi.
  3. Pada saat tabir ketiga, lanjutkan dengan berdoa untuk jenazah yang sedang di sholatkan. Caranya adalah dengan mengangkat tangan setinggi telinga atau sejajar dengan bahu, setelah itu berdoalah. Lantukan doa-doa yang terbaik untuk jenazah
  4. Lakukan takbir keempat yang dilanjutkan dengan doa mendoakan jenazah kembali. Cara yang dilakukan sama dengan sebelumnya
  5. Mengucapkan salam dengan menengok ke kanan dan kiri seperti salam yang dilakukan pada saat sholat sehari-hari.

Praktik sholat jenazah memang sangat baik untuk dilakukan sejak dini. Hal ini memberikan berbagai macam manfaat yang bagus untuk pendidikan agama. Berikut ini adalah keuntungan melaksanakan praktk sholat jenazah sejak  di bangku sekolah, yaitu :

  1. Melatih mental anak

Sholat jenazah bisa melatih mental dan kepercayaan diri anak sejak dini. Ini akan mengubah mindset mereka menjadi lebih baik ketika sedang dihadapkan sesama umatnya yang sudah meninggal dunia

  1. Mendidik rasa kepedulian sebagai seorang muslim

Di dalam agama islam mengajarkan untuk saling peduli satu sama lain. Salah dengan mengikuti sholat jenazah apabila ada kerabat, tetangga, maupun orang terdekat yang meninggal dunia. Dengan praktek sholat jenazah di sekolah maka mereka bisa mempraktkan langsung ketika berada di masyarakat. Mereka akan langsung percaya diri dalam menjalankan ibadah sholat jenazah karena mereka mengetahui tata caranya dan begitu besar pahala yang diperoleh ketika ikut serta dalam melakukan sholat jenazah di sekitar mereka.