Rekomendasi Laptop Murah dengan Spesifikasi yang Bagus

Laptop menjadi suatu perangkat yang sekarang ini menjadi semakin penting digunakan. Sejak beberapa saat yang lalu ketika pekerjaan dan bahkan sekolah serta perkuliahan hampir sebagian besar dikerjakan secara online, laptop pun menjadi sangat diperlukan dalam kegiatan dan pekerjaan sehari-hari. Dalam hal ini, ada bayak jenis laptop yang bisa ditemukan. Laptop pun hadir dengan beragam variasi harga. Semakin tinggi spesifikasi yang ada, tentu harga yang ditawarkan semakin tinggi. Walau demikian, bukan berarti bahwa tak ada laptop yang murah dengan spesifikasi yang cukup bagus. Dengan melansir dari website ceklist.id, berikut adalah laptop murah tapi tetap bisa diandalkan dalam pekerjaan.

Beberapa Rekomendasi Laptop Murah dan Tetap Mumpuni

Yang pertama adalah laptop yang diproduksi oleh Xiaomi. Brand yang satu ini memang lebih dikenal sebagai brand dari berbagai macam smartphone. Namun, ternyata sekarang Xiaomi pun juga merilis suatu laptop yang belum lama ini dihadirkan. Laptop tersebut adalah Xiaomi Redmibook 15. Laptop yang satu ini masuk dalam kategori murah, seperti halnya harga dari smartphone dari Xiaomi yang juga dikenal lebih murah dari gawai dengan level spesifikasi yang sama. Laptop ini bisa didapatkan dengan harga di kisaran 7 jutaan. Walau harga tersebut bisa dibilang tidak murah, tapi itu akan terasa berbeda ketika melihat spesifikasi yang ditawarkan.

Laptop Redmibook 15 ini sudah ditenagai oleh Intel Core i3 1115G4. Dengan harga di sekitar tujuh jutaan, ini tentu adalah suatu hal yang istimewa. Ditambah lagi, ini adalah prosesor generasi terbaru, yaitu generasi ke-11. Lalu, RAM yang diberikan adalah 8GB dan ada memori penyimpanan sebesar 256GB. Kapasitas penyimpanan ini disuguhkan dalam bentuk SSD yang mana juga sangat spesial karena biasanya masih ada laptop di kisaran harga yang sama tapi masih menggunakan harddisk. Namun, memang laptop ini tidak benar-benar ditujukan untuk bermain game dan itu bisa dilihat dari GPU atau kartu grafisnya yang masih menggunakan GPU dari Intel.

Yang juga tak kalah menarik adalah laptop INBook X1. Ini pun dihadirkan oleh produsen yang lebih banyak dikenal sebagai produsen smartphone, yaitu Infinix. Laptop dari Infinix ini juga terbilang murah, yaitu di kisaran 6 jutaan. Ini berarti harganya tidak jauh berbeda dengan laptop dari Xiaomi. Untuk dapur pacunya, ini menggunakan prosesor dari Intel, yaitu Intel Core i3 1005G1. Ini merupakan prosesor generasi ke-10. Di sektor RAM, ada kapasitas 8GB untuk mendukung akses aplikasi dan multitasking yang diperlukan. Lalu, ada pula SSD 256GB yang tentu bisa dibilang cukup untuk penyimpanan aplikasi dan data dasar sedangkan data lainnya bisa disimpan dalam cloud storage ataupun penyimpanan eksternal.

Laptop Murah Lain yang Layak Direkomendasikan

Beranjak dari produsen smartphone, ada Acer yang menghadirkan Acer Aspire 5 (A514-53). Laptop ini hadir dengan desain yang ramping dan tipis sehingga nyaman untuk dibawa ke mana-mana. Bobotnya pun hanya di kisaran 1,5 kg saja. Walau demikian, laptop yang sebenarnya sudah hadir sejak 2020 yang lalu ini memiliki layar yang cukup bagus. Layar IPS dengan color gamut yang mencapai 100% sRGB tentu adalah sesuatu yang patut dipertimbangkan dan ini masih pula ditambah dengan teknologi Acer ExaColor untuk meningkatkan kualitas gambar dan warna yang dihasilkan.

Di sektor performa, laptop ini membawa prosesor Intel Core i3-10110U yang tentu masih tetap nyaman digunakan saat ini. Walau sekarang sudah mencapai generasi ke-11, prosesor generasi ke-10 tersebut masih cukup mumpuni untuk mengerjakan tugas atau editing ringan.Ditambah lagi, ini didukung dengan RAM 4GB dan juga SSD dengan kapasitas 512GB. Untuk pekerjaan dan kegiatan sehari-hari, baterai yang ada mampu bertahan hingga 14 jam sehingga nyaman digunakan. Harga dari laptop ini ada di kisaran 6 jutaan.