Sholat Tasbih dan Tata Caranya

Sholat tasbih adalah sebuah ibadah sunnah yang dilakukan oleh umat Islam pada bulan nisfu syaban. Ibadan ini dilakukan dengan membaca kalimat tasbih sebanyak 300 kali pada 400 rakaat apabila dikerjakan pada waktu pagi dan siang hari. Sementara itu dua rakaat apabila dilakir pada malam hari.

Menurut para ulama shalat tasbih ini mempunyai beberapa keutamaan yang besar bagi siapa saja yang mengerjakan. Keutamaanya diibaratkan seperti sedang membuat kebun di lama surga. Selain itu juga bisa dijadikan sebagai tebusan orang tua di hari kiamat nanti. Allah SWT juga akan memberikan banyak kemudahan untuk urusan dunia dan akhirat.

Tata Cara Sholat Tasbih

Pada dasarnya sholat tasbih bisa dilakukan  sendiri maupun berjamah. Akan tetapi lebih afdal jika dilakukan secara berjamaah. Berikut ini tata cara menjalankan sholat tasbih yaitu :

  • Diawali dengan niat seperti layaknya sholat sunnah lainnya

  • Membaca takbiratul ihram

  • Melantunkan bacaan doa ifititah

  • Membaca surat al fatihah

  • Berdiri dengan membaca bacaan tasbih sebanyak 15 kali pada saat berdiri

Begitu banyak manfaat dari sholat tasbih di bulan syaban. Agar mendapatkan pahala yang berlimpah dan juga keberkahan maka lakukan sholat ini secara berjamaah. Ibadah ini juga sebagai salah satu ibadah sunnah menyambut bulan suci ramadan dan juga bisa mempertebal keimanan kita semua.