Trik Cepat Cara Tradisional Agar Balita Cepat Bicara

Pada dasarnya, setiap anak mempunyai perkembangan yang berbeda-beda. Misalnya saja, ada anak yang sudah bisa jalan terlebih dahulu baru berbicara atau sebaliknya. Ini semua tergantung dengan usia dan perkembangan dari si kecil. Pada umumnya, seorang anak sudah mulai bisa berbicara pada saat usai 5 bulan meskipun hanya satu atau dua patah kata saja dan pelafalannya belum juga terlalu jelas.

Memasuki usia 10-12 bulan, barulah mereka akan lebih memperbanyak kosakata dan sudah mulai mengucapkan kalimat panjang. Mengijak usia 1-3 tahun, si kecil mulai fasih berbicara. Meskipun perkembangan tidak sama, apabila hingga usia 2 tahun si kecil belum bisa berbicara maka Bunda harus waspada ya. Bunda mulai merangsang si kecil untuk mau berbicara dengan menggunakan cara berikut ini, yaitu :

  1. Ajari menyanyi

Mengajari anak menyanyi merupakan sebuah cara yang sangat mudah dan juga menyenangkan untuk merangsang agar si kecil mau berbicara. Budna bisa menggunakan suara yang mana juga dipasangkan dengan berbagai gerakan. Dengan begitu si kecil akan menirukan ucapan tersebut. Bunda juga bisa menyanyikan lagu apda saat si kecil sedang bermain.

  1. Sering mengajak si kecil berbicara

Tidak perlu menunggun usia yang cukup, Bunda bisa langsung mengajak si kecil mulai berbicara. Ajarkan anak mengucap kata sederhana misalnya Mama atau Papa. Meskipun terkadang mereka tidak menjawab, sel-sel saraf otaknya akan secara cepat menangkap sinyal untuk menyimpan memori. Maka semakin Bunda sering mengajak si kecil berbicara maka semakin banyak kosakata yang akan dikuasai di kecil.