Manfaat Sholat Tahajud dan Dhuha

Ada beberapa sholat sunnah yang bisa Anda laksanakan sebagai pelengkap ibadah Anda. Di antaranya adalah sholat tahajud dan dhuha. Kedua sholat ini adalah sholat sunnah yang sama-sama bisa dilaksanakan minimal dua rakaat saja. Bedanya sholat tahajud dilaksanakan pada dini hari sedangkan sholat dhuha dilaksanakan pagi hari setelah subuh dan sebelum dzuhur.

Ada beberapa manfaat sholat tahajud dan dhuha yang bisa Anda rasakan. Apa sajakah manfaat tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

Manfaat Sholat Tahajud dan Dhuha yang Bisa Anda Rasakan

  1. Menghilangkan hawa nafsu dan rasa malas

Manfata yang bisa Anda rasakan jika Anda sering melaksanakan ibadah sholat tahaju dan dhuha adalah hilangnya hawa nafsu dan rasa malas. Sholat tahajud adalah sholat yang dilaksanakan pada dini hari. Untuk melakukannya, Anda harus tidur terlebih dahulu. Hanya orang-orang yang rajin dan niat saja yang bisa melakukannya.

Sedangkan untuk sholat dhuha, meskipun dilaksanakan setelah waktu subuh, masih banyak orang yang belum bisa melakukan sholat dhuha dengan rutin. Hal ini dikarenakan mereka baru saja memulai kegiatan sehari-hari mereka seperti bekerja atau sekolah. Bagi Anda yang bisa menyempatkan waktu untuk sholat dhuha adalag orang-orang yang tidak malas.

Keutamaan sholat tahajud dan dhuha adalah menghilangkan hawa nafsu. Dengan melaksanakan kedua sholat sunnah ini, maka Anda juga turut membantu diri sendiri dalam menghilangkan hawa nafsu. Sholat tahajud yang dilakukan di malam hari dan sholat dhuha yang dilakukan pada saat Anda baru saja memulai aktivitas pastinya akan mempunyai godaan yang sangat berat.

Namun jika Anda bisa melawan rasa malas dan mampu menahan godaan sehingga bisa melaksanakan kedua sholat sunnag ini, maka Anda adalah orang Muslim yang hebat. Pastinya usaha Anda untuk lebih dekat dengan Allah SWT akan mendapatkan pahala yang setimpal dari-Nya.

  1. Mendapatkan keuntungan

Sholat dhuha digadang-gadang sebagai sholat yang dapat membuka pintu rezeki. Hal ini memang tidak dapat disangkal karena salah satu bacaan yang bisa Anda baca dalam sholat dhuha adalah sholat Ad-Dhuha yang mana berisi tentang rezeki atau keuntungan. Dari surat inilah maka bisa dijelaskan bahwa sholat Dhuha adalah pembuka pintu rezeki.

Dengan melaksanakam sholat dhuha secara rutin maka pintu rezeki Anda dapat terbuka dengan lebar sehingga Anda akan mendapatkan keuntungan. Keuntungan atau rezeki dapat berupa apa saja seperti diberikan kelancaran pada setiap aktivitas yang Anda lakukan, dikelilingi oleh orang baik yang siap membantu Anda, bahkan mungkin dari hal-hal kecil lainnya.

  1. Dihapuskan dosanya

Untuk keutamaan yang satu ini pastinya sudah merupakan hal yang tidak asing lagi. Dengan melaksanakan sholat lima waktu saja maka dosa-dosa kita sudah bisa terhapus. Bayangkan jika Anda melaksanakan sholat sunnah seperti sholat tahajud dan dhuha? Pastinya dosa-dosa Anda akan semakin banyak yang terhapus.

  1. Tidak akan dianggap orang lalai

Bagi mereka yang mengerjakan sholat tahajud dan dhuha adalah mereka yang dianggap tidak lalai oleh Allah SWT. Karena dalam mencari pahala kita tidak boleh mempunyai sifat yang lalai dan malas. Maka dari itu dengan melaksanakan sholat sunnah ini, Anda termasuk dalam golongan orang yang tidak lalai.

Sholat tahajud dan dhuha memang sulit dilakukan pada awalnya, namun jika terus ditekuni maka akan menjadi sebuah kebiasaan yang baik bagi hidup Anda. Jika tidak dimulai dari sekarang, lalu kapan lagi?