Tanaman Hias Cantik untuk Memperindah Rumah

Salah satu kriteria yang harus dipenuhi oleh tanaman hias adalah tanaman yang bersangkutan harus memiliki keindahan atau nilai estetika tertentu baik pada bagian daun maupun pada bunganya. Oleh karena itulah pada dasarnya semua tanaman hias itu cantik.

Namun, karena tanaman hias dibedakan menjadi tanaman hias daun dan tanaman hias bunga, maka daftar tanaman hias cantik berikut dibuat berdasarkan kedua jenis tanaman hias tersebut.

  1. Anthurium bunga

Anthurium bunga atau yang juga dikenal dengan nama bunga gelombang cinta masih satu keluarga dengan tanaman gelombang cinta yang dinikmati keindahan daunnya. Bedanya, anthurium bunga memiliki kelopak dengan warna merah yang mencolok.

Warna bunganya ini sangat kontras dengan warna hijau pada daun sehingga terciptalah kombinasi warna yang indah ketika tanaman hias ini ditanam secara bergerombol di taman.

Selain dapat ditanam di taman, anthurium bunga juga dapat ditanam di pot dan dijadikan tanaman indoor. Ini karena anthurium bunga harus dihindarkan dari paparan cahaya matahari langsung agar daunnya tidak terbakar atau mengering.

  1. Krisan

Krisan merupakan tanaman hias yang tumbuh subur di dataran tinggi yang beriklim sejuk. Tanaman hias ini memiliki banyak jenis dengan bunga yang berbeda-beda. Namun, krisan dapat dikenali dari bentuk bunganya. Pasalnya, salah satu ciri khas tanaman krisan adalah memiliki bunga dengan kelopak yang kecil-kecil dan bertumpuk.

Bentuk daun krisan mirip dengan daun ketumbar tetapi helaiannya tumbuh bersilang pada batang, tidak seperti daun ketumbar yang daunnya tumbuh sejajar di kedua sisi batang.

Dalam kebudayaan masyarakat Tiongkok, bunga krisan adalah simbol keberuntungan dan panjang umur. Oleh karena itulah tanaman hias ini kerap dipersembahkan kepada orang tua.

  1. Hydrangea

Hydrangea memiliki banyak nama, antara lain Bunga Masamba, Bunga Tiga Bulan, serta Kembang Bokor. Tanaman hias yang satu ini dapat ditemukan di Amerika dan Asia serta memiliki banyak spesies yang tersebar di kedua benua tersebut.

Setidaknya ada 70 hingga 75 spesies tanaman hias yang kerap dijadikan buket untuk acara khusus maupun untuk menghias halaman rumah ini.

Ciri khas dari hydrangea adalah bunganya yang kecil-kecil dan bergerombol dengan warna ungu yang khas. Uniknya, warna ungu pada bunga tanaman ini berpadu dengan warna biru sehingga menghasilkan keindahan yang khas.

  1. Aglonema

Aglonema adalah tanaman hias daun yang tidak rewel. Oleh karena itulah tanaman hias yang satu ini cocok dipelihara oleh orang yang masih pemula dan belum berpengalaman dalam merawat tanaman hias.

Meski begitu, aglonema memiliki banyak variasi warna dan corak pada daunnya sehingga tanaman hias ini juga digemari oleh para kolektor tanaman hias.

  1. Monstera

Monstera adalah salah satu jenis tanaman hias daun yang memiliki ukuran dan bentuk daun yang beragam. Daya tarik tanaman hias yang satu ini adalah warna daunnya yang hijau gelap dan bentuk daunnya yang menyerupai jari. Meski warna daun monstera umumnya hijau gelap, tanaman hias ini memiliki versi variegata.

Nama variegata pada tanaman hias digunakan pada tanaman hias yang mengalami mutasi genetik sehingga daunnya memiliki semburat putih.

Selain tanaman hias cantik di atas, Anda juga dapat memelihara anggrek cattleya. Pasalnya, jenis anggrek tersebut dikenal dengan bunganya yang cantik dan besar serta memiliki warna bunga yang beragam. Bunga anggrek cattleyadapat tumbuh hingga 15 cm.