3 Universitas di Australia Yang Menyediakan Beasiswa

Kuliah di luar negeri seperti di Australia, merupakan banyak impian pelajar di Indonesia. Pasalnya dengan kesempatan ini, pelajar bisa melihat dunia lebih luas dan mendapatkan lebih banyak pengalaman dan pengetahuan. Sayangnya, peluang kuliah luar negeri membutuhkan biaya yang cukup mahal juga persaingan yang ketat, karena sangat banyak peminatnya.

Jika Anda tertarik untuk kuliah di luar negeri dengan biaya ringan, Anda bisa mempertimbangkan untuk daftar di Universitas di Australia yang menyediakan beasiswa berikut ini.

The University of Melbourne

Bisa mengenyam bangku kuliah di University of Melbourne tentu akan jadi kebanggan tersendiri, pasalnya Anda akan lulus dari universitas yang sama dengan banyak tokoh seperti Julia Gillard PM Australia 2013) dan Julian Paul Assange seorang jurnalis WikiLeaks.

The University of Melbourne menyediakan beasiswa untuk program Sarjana dan Pascasarjana. Jumlah biaya yang diberikan bisa mencapai AUD$10.000 untuk mahasiswa Internasional. Universitas ini juga memiliki banyak jenis bantuan biaya lain diantaranya :

  • Melbourne Welcome grant, dengan hibah sebesar $4.000

  • Marie Skłodowska-Curie Actions dengan total nilai sekitar $20.000 lebih.

  • Expanded scholarships dengan nilai beasiswa mencapai AUD$10.000.

University of Newcastle

University of Newcastle merupakan universitas di Australia yang menyediakan beasiswa untuk para pelajar dari luar daerah. Kampus ini memberikan banyak pilihan beasiswa sarjana dari tahun pertama, tahun kedua, hingga tahun ke lima. Selain itu ada juga untuk tingkat pascasarjana atau Postgraduate coursework dan PhD and Research Masters.

Jenis beasiswa yang ditawarkan juga bermacam-macam, seperti bidang prestasi akademik, disabilitas, pelajar internasional dan khusus untuk wanita.

Jika ingin kuliah luar negeri, jangan berkecil hati, pasalnya salah satu beasiswa internasional di Newcastle nilainya mencapai $40.000 dolar, misalnya ASEAN Excellence Scholarship.

  • ASEAN Excellence Scholarship

Asean Excellence Scholarship adalah jenis beasiswa yang bisa Anda dapatkan sejak tahun pertama untuk pelajar Internasional. Beasiswa ini menawarkan bantuan hingga $40.000. Beasiswa ini bisa didapat langsung untuk pelajar yang masuk lewat program non kuota. Diantara syarat menerima beasiswa ini diantaranya adalah mengikuti program khusus di kampus Australia, tidak menerima beasiswa dari Universitas lain.

  • College of International Education International Pathways Scholarship

College of International Education International Pathways Scholarship adalah jenis beasiswa pelajar Internasional yang memberikan bantuan hingga $17.575. Namun ada beberapa jurusan saja yang bisa mendapat beasiswa ini, diantaranya School of Creative Industries, School of Architecture & Built Environment, School of Biomedical Sciences & Pharmacy dan School of Psychology.

University of Sydney

University of Sydney merupakan universitas tertua di Australia yang telah didirikan sejak 1850. Universitas ini juga termasuk kampus yang banyak diincar oleh pelajar Indonesia, karena terkenal bagus dan lokasinya tidak jauh dari Indonesia.

Belum lama ini ada 250 mahasiswa yang dijemput oleh pihak Australia, termasuk mahasiswa dari Indonesia yang kuliah di University of Sydney. Australia memang memberikan pelayanan terbaik dalam bidang pendidikan, termasuk dalam urusan beasiswa.

Beasiswa University of Sydney menawarkan jenis beasiswa untuk sarjana dan pascasarjana, diantaranya.

  • Bachelors and Honours

Bachelors and honours tediri dari beasiswa umum dan beasiswa tingkat fakultas. Beasiswa umum diantaranya adalah University of Sydney Honours Scholarship yang menawarkan beasiswa dengan nilai $6.000. Sedangkan tingkat fakultas, misalnya di Sydney Law School terdapat beasiswa Summer Innovation Program Scholarship yang nilainya mencapai $10.000.

  • Postgraduate Coursework

Beasiswa Postgraduate coursework juga menawarkan jenis beasiswa umum dan fakultas. Ada banyak fakultas yang tersedia, diantaranya, ilmu arsitektur, fakultas seni, fakultas bisnis, hukum, mesin dan masih banyak lagi. Nilai yang ditawarkan juga cukup besar, diantaranya beasiswa Faculty of Arts and Social Sciences International Scholarship bisa mencapai $20.000.